Syarat Gudang yang Baik untuk Menjaga Nilai dan Kualitas

Sabtu, 29 Juni 2024

Syarat Gudang yang Baik untuk Menjaga Nilai dan Kualitas
Gudang bukan hanya sekedar tempat penyimpanan sementara suatu barang atau produk. Namun juga sebagai tempat untuk menjaga kualitas produk tersebut.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui syarat gudang yang baik dan layak untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan yang aman.

Barang dalam kondisi yang rusak atau cacat tentu akan menurunkan nilainya, sehingga bisa menyebabkan kerugian. Karena hal ini, penting sekali untuk mencari gudang yang baik untuk menunjang kelancaran bisnis.

Syarat Gudang Penyimpanan yang Baik

Berikut ini merupakan syarat gudang penyimpanan dikatakan sebagai tempat penyimpanan yang baik, untuk menjaga nilai serta kualitas dari produk atau barang yang disimpan.

1. Mempunyai Prosedur yang Jelas dan Tetap

Syarat dari gudang yang baik yaitu mempunyai prosedur yang jelas dan tetap. Prosedur ini nantinya dapat menjadi acuan ketika akan mengatur berbagai hal yang terdapat di dalam gudang.

Baca juga: 10 Tips Layout Gudang yang Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas

Wujudnya yaitu bisa berupa sistem kerja, aturan kerja, atau tahapan pekerjaan di gudang. Dalam hal ini mencakup mengenai cara kerja bagi para karyawannya hingga cara memperlakukan atau menangani barang yang disimpan.

2. Memiliki Sistem Penerangan yang Baik

Gudang bisa dikatakan layak dan baik sebagai tempat penyimpanan yaitu salah satunya jika memiliki sistem penerangan yang baik juga. Dengan demikian barang yang disimpan bisa mudah ditemukan.

3. Kondisi Gudang yang Memadai

Gudang yang memiliki kondisi memadai juga menjadi syarat gudang yang baik. Kondisi yang memadai di sini yaitu artinya gudang penyimpanan memiliki area yang luas sehingga memungkinkan untuk menyimpan barang dalam jumlah banyak.

Baca juga: 10 Strategi Manajemen Logistik untuk Meningkatkan Efisiensi Operasional

Selain itu penting bagi pemilik untuk memperhatikan suhu ruang, tingkat kelembaban serta kebersihan area gudang.

4. Mempunyai Akses Jalan yang Mudah

Memilih gudang yang baik harus memperhatikan kemudahan dalam hal mobilitas serta jalur transportasi. Karena nantinya akan sering melakukan bongkar muat barang sehingga akses jalan yang memadai penting.

Dengan demikian, proses distribusi barang bisa berlangsung dengan baik tanpa adanya hambatan.

Melihat beberapa syarat gudang yang baik di atas, Karawang Sentra Bizhub bisa menjadi pilihan yang tepat. KSB memiliki banyak keunggulan seperti lokasinya yang strategis, memiliki jaringan drainase yang besar hingga menggunakan sistem one way in.

Produksi bisnis lancar bersama Karawang Sentra Bizhub!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub