10 Strategi Manajemen Logistik untuk Meningkatkan Efisiensi Operasional

Selasa, 23 April 2024

10 Strategi Manajemen Logistik untuk Meningkatkan Efisiensi Operasional
Efisiensi logistik dan operasional menjadi salah satu penentu keberhasilan bisnis. Efisiensi ini diperlukan karena pasar bergerak semakin cepat. Untuk menciptakan efisiensi operasional, pengusaha perlu menerapkan strategi manajemen logistik yang baik.

Manajemen logistik sendiri adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dari pergerakan serta penyimpanan barang mulai dari awal hingga sampai ke konsumen.

Dalam prosesnya, tentu Anda memerlukan strategi khusus agar semua berjalan efektif dan efisien. Bagaimana caranya? Berikut kami berikan tips jitu untuk menciptakan manajemen yang baik!

1. Mengoptimalkan Pergudangan dan Distribusi

Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah mengoptimalkan pergudangan dan distribusi. Sehingga, aliran barang dan waktu tunggu lebih cepat.

Cara mengoptimalkan pergudangan dan distribusi bisa dilakukan dengan mengatur tata letak gudang dan mengadopsi teknologi tertentu.

2. Menerapkan Sistem Informasi Logistik

Sistem informasi logistik yang terintegrasi akan memberi beberapa manfaat, contohnya pemantauan proses logistik secara real-time, informasi yang akurat, dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

3. Mengintegrasikan Transportasi yang Efisien

Strategi manajemen logistik berikutnya adalah mengintegrasikan transportasi yang efisien.

Baca juga: 4 Manfaat Menerapkan WMS atau Warehouse Management System

Strategi ini bisa dilakukan dengan cara penggunaan alat transportasi yang paling hemat biaya atau bermitra dengan perusahaan transportasi yang handal dan efisien.

4. Optimalkan Perencanaan Rute

Perencanaan rute yang baik juga dapat meningkatkan efisiensi operasional. Hal ini karena perencanaan rute dapat menyederhanakan rute, menekan pengeluaran BBM, dan membuat barang sampai tepat waktu.

5. Mengevaluasi Kinerja Logistik Secara Berkala

Kinerja logistik harus dievaluasi secara berkala untuk membuat operasional logistik dan distribusi semakin efisien.

Dengan evaluasi berkala ini, kinerja logistik yang kurang efisien dapat diperbaiki.

6. Terapkan Sistem Otomatisasi Logistik

Otomatisasi dalam logistik dapat mengurangi risiko kesalahan yang biasa dibuat oleh manusia, mengurangi waktu pemrosesan, dan memberikan dukungan pelanggan yang memuaskan. Sehingga, operasional logistik menjadi lebih efisien.

7. Membangun Tim yang Efisien

Pengusaha juga perlu mengikutsertakan anggota tim dalam training berkala agar mereka selalu bisa bekerja cekatan dan up to date dengan teknologi atau sistem logistik terbaru.

8. Menjaga Hubungan dengan Pemasok agar Tetap Baik

Efisiensi operasional logistik juga bisa dilakukan dengan cara menjaga hubungan baik dengan pemasok.

Baca juga: Pentingnya Sistem Pemantauan Inventaris Barang di Gudang

Hubungan yang baik ini memberi kesempatan perusahaan logistik untuk berkomunikasi, memberi feedback, dan berkolaborasi secara efektif dengan pemasok.

9. Menggunakan Teknologi Pelacakan Terbaru

Teknologi pelacakan terbaru dapat meningkatkan visibilitas di seluruh rantai pasokan dan memantau pengiriman barang secara real time.

Dengan demikian, pengusaha logistik dapat segera mengambil keputusan jika terjadi sesuatu.

10. Menyewa Gudang di Lokasi Strategis

Menyewa gudang di lokasi strategis juga bisa meningkatkan efisiensi operasional. Gudang yang ada di lokasi strategis ini dapat membantu pengusaha logistik untuk mengoptimalkan perencanaan rute, pergudangan, dan distribusi.

Pengaplikasian semua strategi manajemen logistik di atas memang tidak selalu mudah dilakukan. Namun, dengan trial and error serta latihan dan pengalaman, Anda pasti bisa melakukannya!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub