4 Manfaat Menerapkan WMS atau Warehouse Management System

Selasa, 14 November 2023

4 Manfaat Menerapkan WMS atau Warehouse Management System
Warehouse Management System (WMS) semakin sering dipilih dan digunakan oleh beberapa perusahaan untuk memantau arus produk secara lebih efektif. Selain itu, masih ada beberapa manfaat WMS lainnya yang perlu diketahui oleh para pelaku usaha.

WMS menggunakan perangkat yang dilengkapi dengan barcode scanner, RFID, dan teknologi-teknologi canggih seperti ini lainnya, sehingga tak heran jika manfaatnya cukup bervariasi. Umumnya, manajemen ini tidak hanya mencakup lingkungan gudang saja, tapi juga manajemen supply chain.

Manfaat Menerapkan WMS bagi Perusahaan


Alasan mengapa WMS semakin sering dipilih dan digunakan oleh beberapa perusahaan adalah, karena sistem manajemen ini memiliki berbagai fitur yang sangat bermanfaat seperti pelacakan inventaris, pembatalan inventaris, dan lain sebagainya. Sementara untuk manfaat WMS adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Pelayanan

Warehouse Management System dapat menjadi cara tepat untuk meningkatkan pelayanan dari suatu perusahaan. Sebab, sistem manajemen gudang ini dapat membuat proses pencarian barang berjalan secara lebih mudah dan cepat.

Dengan begitu, perusahaan bisa mempersingkat proses pemesanan dan pengiriman barang yang harus dilakukannya. Saat hal ini bisa dilakukan secara konsisten, maka kepuasan pelanggan bisa semakin meningkat.

2. Mengurangi Kerugian dari Kelebihan Stok Barang

Tak hanya bisa meningkatkan pelayanan saja, tapi sistem manajemen gudang yang ideal juga bisa mengurangi kerugian dari kelebihan stok barang yang dialami oleh suatu perusahaan. Dengan adanya penerapan WMS, perusahaan bisa memiliki catatan lengkap terkait jumlah persediaan barangnya.

3. Menghemat Biaya

Umumnya, jumlah gaji karyawan akan meningkat ketika jumlah barang yang harus disimpan semakin banyak. Maka dari itu, pelaku usaha dapat mengatasi masalah ini dengan menerapkan sistem manajemen gudang yang tepat.

Penerapan WMS pada suatu perusahaan ini dikatakan mampu menekan biaya untuk membayar gaji karyawan, karena perusahaan jadi tidak perlu menyimpan barang dalam jumlah yang besar lagi.

4. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Selain pelayanan, kinerja karyawan juga bisa semakin meningkat dengan adanya penerapan WMS. Hal ini terjadi karena pelaku usaha bisa lebih mudah untuk menyampaikan informasi penting kepada seluruh karyawannya, sehingga mereka bisa lebih efektif dalam mengerjakan tugasnya.

Setelah memahami tentang manfaat WMS, Anda pasti semakin mempertimbangkan untuk menerapkan sistem manajemen gudang ini. Untuk memahami tentang sistem ini secara lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel yang ada di sini.

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub