10 Tips Layout Gudang yang Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas

Rabu, 24 April 2024

10 Tips Layout Gudang yang Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas
Tata letak gudang yang kurang baik dapat membuat ruangan ini terasa penuh dan sesak. Akibatnya, proses logistik dan distribusi pun berjalan kurang maksimal. Masalah ini bisa diatasi dengan menciptakan layout gudang yang lebih efisien.

Layout yang tepat tidak hanya membuat gudang mampu menampung barang dalam jumlah lebih besar. Namun, tata letak gudang tersebut juga dapat membuat gudang terlihat lebih rapi dan produktivitas gudang semakin meningkat.

Lantas bagaimana cara menciptakannya? Berikut ini 10 tips menata gudang untuk meningkatkan produktivitas manajemen barang!

1. Gunakan Sistem Rak Gudang

Sistem rak gudang atau warehouse racking system dapat meningkatkan produktivitas gudang dan efisiensi penyimpanan pada gudang sempit.

Baca juga: Apa Untungnya Menerapkan Sistem Manajemen Warehouse?

Sistem tersebut membantu karyawan menemukan dan mengambil barang dengan mudah. Selain itu, barang-barang di gudang juga lebih aman.

2. Perhatikan Tata Letak Lorong

Agar produktivitas terjaga, tata letak lorong gudang harus dipertimbangkan dengan baik. Ada beberapa poin yang perlu diingat saat mengatur tata letak lorong.
  • Hindari lorong buntu.
  • Pastikan lebar lorong dapat dilewati forklift dengan mudah.
  • Tambahkan lorong pendek atau lorong silang untuk memperpendek jarak pengambilan.

3. Maksimalkan Pencahayaan

Gudang penyimpanan yang gelap dapat menyusahkan pegawai gudang dalam mengambil dan menyimpan barang.

Oleh karena itu, gudang harus memiliki pencahayaan yang memadai. Saat memilih pencahayaan, jangan lupa untuk memilih lampu hemat energi.

4. Membuat Area Khusus Untuk Semua Aktivitas

Produktivitas gudang akan meningkat jika semua aktivitas dilakukan di ruang yang berbeda.

Jadi, gudang tidak hanya memiliki loading dock dan ruang penyimpanan saja, tapi juga ruang admin, ruang penerimaan, dll. Sehingga, para pegawai dapat bekerja tanpa mengganggu pegawai lain.

5. Tambahkan Lantai Mezzanine

Penambahan lantai mezzanine pada layout gudang dapat meningkatkan efisiensi proses pergudangan yang tidak membutuhkan ruang vertikal. Penambahan lantai ini akan menambah ruang gudang tanpa pengeluaran besar.

6. Memaksimalkan Penggunaan Ruang Vertikal

Memaksimalkan penggunaan ruang vertikal dapat meningkatkan efisiensi penyimpanan.

Baca juga: Ingin Menata Layout Gudang Bahan Baku? Perhatikan Hal Ini!

Layout ini cocok untuk gudang sempit yang dipakai untuk menyimpan barang yang relatif ringan dan tidak mudah rusak.

7. Pertimbangkan Kenyamanan Karyawan

Produktivitas gudang bergantung pada kenyamanan karyawan gudang. Oleh karena itu, pemilik gudang harus mempertimbangkan kenyamanan mereka ketika mengatur tata letak gudang. Pastikan ruang-ruang gudang cukup luas bagi karyawan untuk bergerak dan bermanuver.

8. Pertimbangkan Alur Operasional Gudang

Penataan layout juga harus mempertimbangkan alur operasional gudang, misalnya unloading, penerimaan, penyortiran, dan area loading.

Dengan demikian, aktivitas pergudangan dapat dilakukan berdasarkan alurnya dan berjalan secara efisien.

9. Labeling

Pemberian label pada rak atau barang dapat memudahkan karyawan menemukan barang. Pada akhirnya, ini akan membantu proses logistik dan distribusi berjalan lebih lancar.

10. Pisahkan Barang Lama dan Baru

Barang lama dan barang baru harus diletakkan pada rak yang terpisah. Dengan demikian, tidak ada stok barang yang menumpuk terlalu lama di gudang.

Produktivitas gudang tidak hanya dipengaruhi oleh layout gudang, tapi lokasi gudang juga berpengaruh pada proses pergudangan. Oleh karena itu, Anda yang perlu gudang di Karawang sebaiknya sewa gudang KSB saja!

Mengapa KSB? Karena gudang kami berada di lokasi yang sangat strategis yakni hanya berjarak 5 Km dari exit tol Karawang Barat. Hal tersebut jelas akan mempermudah proses distribusi, entah pengangkutan bahan baku atau penyaluran ke konsumen.

KSB juga lengkap dengan fasilitas produksi dan perkantoran dan perhotelan yang membuatnya menjadi cluster industri terbaik.

Tertarik untuk mencobanya? Yuk, hubungi kami hari ini juga!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub