Ingin Menata Layout Gudang Bahan Baku? Perhatikan Hal Ini!

Rabu, 04 Oktober 2023

Ingin Menata Layout Gudang Bahan Baku? Perhatikan Hal Ini!
Baik perusahaan skala besar maupun kecil sama-sama membutuhkan gudang untuk menyimpan, mengumpulkan, dan mengelola produknya. Namun, bangunan ini harus dibangun dengan layout yang tepat. Maka dari itu, Anda harus tahu referensi layout gudang bahan baku yang patut dicoba.

Biasanya, pelaku usaha membangun sebuah gudang sesuai dengan tujuan dan fungsinya masing-masing. Dengan merancang layout gudang dengan baik seperti ini, proses pergudangan bisa berjalan secara lebih mudah, cepat, dan praktis.

Hal Penting Saat Merancang Layout Gudang Bahan Baku


Tata letak atau layout gudang termasuk salah satu keputusan penting yang harus diperhatikan oleh setiap pelaku usaha, karena hal ini dapat mendukung aktivitas yang terjadi di dalamnya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat merancang tata letak gudang bahan baku:

1. Metode Tata Letak Gudang

Ada beberapa jenis metode tata letak gudang yang harus diketahui oleh para pelaku usaha. Setiap jenis metode ini memiliki peran yang berbeda, sehingga Anda harus mengetahuinya satu per satu, yaitu:
  • Metode dedicated storage. Metode tata letak gudang yang sering disebut sebagai penyimpanan tetap, karena titik-titik penyimpanannya sudah ditetapkan sejak awal.
  • Metode class based dedicated storage. Metode tata letak gudang yang di dalamnya terdapat pembagian klasifikasi berdasarkan parameter tertentu.
2. Keamanan Barang di Gudang

Saat menata layout gudang bahan baku, semua jenis barang yang tersimpan di gudang tidak hanya perlu tertata dengan rapi, tapi juga harus memiliki sistem keamanan yang terjamin. Maka dari itu, pekerja gudang harus selalu memastikan bahwa alat-alat yang ada di dalamnya tidak rusak dan masih bisa digunakan dengan baik.

3. Penggunaan Ruang di Gudang

Aspek terakhir yang harus diperhatikan saat merancang layout gudang perusahaan adalah penggunaan ruang di dalamnya. Pastikan Anda memaksimalkan penggunaan ruang di bangunan tersebut dan perhatikan ukuran area penyimpanannya secara akurat. Selain itu, ukuran area penerimaan dan pengiriman pun juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, karena ketiga jenis area ini yang paling sering digunakan.

Karawang Sentra Bizhub menyediakan layout gudang bahan baku yang berkualitas, sehingga pelaku usaha tidak perlu merancangnya sendiri. Tentu ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha, karena dapat menghemat waktu dan biayanya.

Sewa gudang di Karawang Sentra Bizhub, harga murah fasilitas bintang lima!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub