Manfaatkan Setiap Sudut Gudang dengan Drive-in Racking!

Rabu, 31 Juli 2024

Manfaatkan Setiap Sudut Gudang dengan Drive-in Racking!
Ada banyak pilihan sistem rak palet yang tersedia untuk memaksimalkan ruang penyimpanan agar lebih efisien. Beberapa diantaranya lebih memprioritaskan mengenai kepadatan penyimpanan yang lebih besar, drive-in racking adalah salah satu metode yang mengutamakan hal tersebut.

Informasi selengkapnya mengenai sistem penyimpanan barang di dalam gudang ini, maka bisa simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Sistem Drive-in Racking

Drive-in racking merupakan sistem penyimpanan barang di dalam gudang yang dilakukan dengan memanfaatkan area vertikal.

Cara penyimpanannya yaitu dengan memasukkan barang dari bagian depan rak, kemudian untuk proses pengambilannya bisa melalui bagian belakang.

Struktur penyimpanan ini dibuat kokoh dan solid sehingga mampu menahan berat barang hingga beberapa ton. Jarak antar tiang setiap rak cukup lebar sehingga memungkinkan dalam memudahkan forklift untuk menjemput atau mengirim barang ke dalam rak.

Sistem ini sangat cocok diterapkan dalam gudang yang menyimpan barang dengan jumlah yang besar serta memiliki jenis dan kuantitas yang sama.

Baca juga: Pengertian, Model, Fungsi, serta Beban Maksimal Forklift

Penyimpanan barang menggunakan sistem drive-in racking adalah dengan menempatkan di atas palet kemudian akan dimasukkan ke dalam rak.

Proses untuk memasukkan barang ke dalam rak ini menggunakan forklift. Dengan menggunakan sistem ini juga bisa meningkatkan optimalisasi ruang gudang, karena bisa meminimalkan adanya lorong dan gang di dalam gudang.

Baca juga: Cara Kerja Hidrolik Hand Pallet dan Fungsinya

Menggunakan sistem drive-in racking akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya yaitu bisa memaksimalkan penggunaan ruang penyimpanan, sehingga bisa untuk menyimpan barang dalam jumlah yang besar.

Selain itu, dengan menggunakan sistem ini juga bisa mengurangi biaya transportasi dan penyimpanan, melalui pengurangan ruang kosong yang tidak dipakai di gudang.

Cara Kerja Sistem Drive-in Racking

Sebagai gambaran mengenai cara kerja dari sistem drive-in racking ini yaitu pertama pengemudi forklift akan menempatkan palet barang di dalam rak bagian belakang sistem. Kemudian operator akan memuat produk baru yang akan ditempatkan di depan produk yang lama.

Hal ini dikarenakan dalam sistem ini hanya terdapat satu sisi yang bisa dibongkar muat. Pada bagian belakang sistem bisa dipasang di dinding.

Apabila di dalam gudang mempunyai lorong yang terdapat di kedua sisi, maka bisa dipasang dengan penyangga horizontal pada tengah sistem. Tujuannya yaitu untuk menyediakan akses dua sisi.

Namun hal ini juga akan membuat sebagian ruang hilang ke lorong akses.

Drive-in racking adalah solusi untuk memaksimalkan ruang penyimpanan. Sistem penyimpanan barang juga akan berjalan lebih baik dengan dukungan dari fasilitas yang memadai dan lokasi gudang yang strategis, semua itu bisa didapatkan jika Anda memilih Karawang Sentra Bizhub!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub