Pengertian, Model, Fungsi, serta Beban Maksimal Forklift

Selasa, 21 November 2023

Pengertian, Model, Fungsi, serta Beban Maksimal Forklift
Ada banyak alat yang dibutuhkan untuk melancarkan pekerjaan gudang, dan salah satunya adalah forklift. Beban maksimal forklift dapat dibedakan menurut jenisnya masing-masing, karena setiap jenis forklift memiliki desain dan ukuran yang berbeda-beda.

Forklift merupakan alat pergudangan yang dapat digunakan untuk memindahkan barang berukuran besar dan berjumlah banyak. Maka dari itu, tidak mengherankan jika alat ini sering dipakai dalam industri pelabuhan, gudang, pabrik, dan logistik.

Beban Maksimal Forklift Berdasarkan Jenisnya


Alasan mengapa para pekerja gudang diwajibkan untuk mengetahui beban maksimal dari alat ini adalah, karena beban yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerugian dan ancaman kecelakaan kerja yang lebih besar. Oleh karena itu, kenali beban maksimal dari masing-masing jenisnya berikut ini:

1. Forklift Gasoline (LPG)

Jika dibandingkan dengan jenis-jenis forklift yang lainnya, maka forklift gasoline merupakan yang paling ramah lingkungan. Hal ini terjadi karena bahan bakar yang digunakan adalah gas. Sementara untuk kapasitas maksimal dari forklift ini hanya mencapai 2 ton, karena ukurannya tergolong lebih kecil.

2. Forklift Reach Truck

Tidak jauh berbeda dengan jenis forklift yang sebelumnya, forklift reach truck juga memiliki beban maksimal yang sebesar 2 ton. Namun, alat ini mampu mengangkat barang hingga ketinggian 8 meter. Maka dari itu, forklift ini sering dipakai untuk memindahkan barang ke tempat yang lebih tinggi.

3. Forklift Elektrik

Lebih besar dibanding beban maksimal kedua jenis sebelumnya, forklift elektrik mampu mengangkat beban hingga 5 ton dengan ketinggian yang mencapai 6 meter. Namun, kekurangan dari forklift ini adalah tidak bisa dipakai terus-menerus, karena kapasitas baterainya cenderung pendek.

4. Forklift Diesel

Jenis forklift terakhir yang sering dipakai dalam berbagai industri adalah forklift diesel. Bahan bakar yang digunakan untuk mengoperasikan alat ini adalah solar. Beban maksimal forklift diesel termasuk sangat besar yakni mencapai 10 ton dengan ketinggian 6 meter lebih. Tidak hanya bisa dipakai untuk pemindahan barang di area outdoor, tapi forklift diesel juga bisa dipakai di area indoor.

Itulah berbagai model dari forklift yang tentunya penting Anda ketahui sebagai pebisnis. Alat angkut berat yang satu ini juga berhubungan erat dengan pergudangan, karena sejatinya forklift sangat mempermudah segala aktivitas yang ada di sana.

Nah, untuk memaksimalkan penggunan forklift perlu gudang dengan fasilitas dan sarana yang berkualitas tinggi. Sebagai rekomendasi, Karawang Sentra Bizhub bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda.

Penasaran dengan KSB? Hubungi kami sekarang untuk info lebih lanjut!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub