10 Tips Mengoptimalkan Biaya Pengiriman Ekspedisi Barang

Kamis, 25 April 2024

10 Tips Mengoptimalkan Biaya Pengiriman Ekspedisi Barang
Pengiriman barang adalah bagian dari tahapan rantai pasokan yang cukup memakan biaya. Biaya ini dapat membengkak jika pebisnis tidak hati-hati dalam menggunakan layanan atau perusahaan ekspedisi pengiriman barang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar biaya pengiriman dapat diminimalisir. Untuk membantu Anda mengoptimalkan biaya pengiriman, Anda dapat mengikuti 10 tips di bawah ini!

Cara Cerdas Menghemat Biaya Pengiriman Ekspedisi Barang

Tips-tips ini akan membantu Anda menghemat biaya pengiriman secara signifikan dan meningkatkan keuntungan bisnis.

1. Gunakan Kemasan yang Efisien

Penggunaan kemasan yang efisien dapat menekan biaya pengiriman. Kemasan yang efisien adalah yang beratnya ringan tapi mampu melindungi barang dengan baik dan tahan lama. Selain itu, penggunaan kemasan ini tidak boleh berlebihan.

2. Packing Barang Mandiri

Perusahaan ekspedisi menawarkan layanan packing barang dengan biaya tambahan. Jika Anda merasa mampu mengemas barang dengan baik dan yakin bahwa packing Anda aman dan melindungi, Anda tidak perlu menggunakan layanan packing.

3. Jaga Berat dan Dimensi Barang

Menjaga berat dan dimensi dalam ambang batas toleransi penghitungan tarif dapat menekan biaya pengiriman. Sehingga, pengirim perlu memperhatikan kebijakan toleransi perusahaan ekspedisi karena sebagian perusahaan memiliki toleransi yang lebih rendah dari lainnya.

4. Pilih Layanan Pengiriman Barang yang Tepat

Perusahaan ekspedisi pengiriman barang menawarkan berbagai layanan pengiriman. Untuk mengoptimalkan biaya pengiriman, pebisnis harus memilih layanan yang tepat.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Shipper dan Apa Arti Istilah Ini?

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih layanan ini adalah berat barang, jarak, dan waktu pengiriman.

5. Bandingkan Tarif Pengiriman

Setelah menentukan layanan pengiriman, Anda perlu membandingkan tarif pengiriman. Sehingga, Anda dapat mengirimkan barang dengan biaya yang paling terjangkau.

6. Gunakan Pengiriman Sistem Drop Off

Tips selanjutnya adalah menggunakan pengiriman sistem drop off. Sistem pengiriman ini lebih terjangkau karena barang diambil sendiri oleh penerima di drop point.

7. Perhatikan Kebijakan Penggantian Barang

Untuk menghindari kerugian akibat barang rusak/hilang selama pengiriman dengan ekspedisi, pebisnis harus memperhatikan kebijakan penggantian barang. Mulai dari prosedur pembuktian, klaim, dan proses penggantian.

8. Pertimbangkan Asuransi Pengiriman

Penggunaan asuransi pengiriman dapat mengurangi risiko kerugian akibat barang rusak/hilang selama pengiriman. Namun, asuransi akan menambah biaya pengiriman.

Baca juga: 4 Warehouse Management System yang Sering Digunakan Indonesia

Jadi, pengirim harus menimbang manfaat dan biaya asuransi agar pengiriman tetap terjangkau.

9. Negosiasi dengan Perusahaan Pengiriman

Apabila pebisnis hendak mengirim barang dalam jumlah besar secara berkala dalam waktu lama, ia sebaiknya menegosiasikan tarif dengan perusahaan pengiriman. Perusahaan ini umumnya mau memberi potongan jika pebisnis berencana menggunakan layanannya dalam skala besar.

10. Konsolidasi Pengiriman

Konsolidasi atau penggabungan pengiriman dapat menghemat biaya pengiriman. Konsolidasi cocok dilakukan oleh pebisnis yang hendak mengirimkan beberapa jenis barang dalam waktu yang berbeda tapi berdekatan ke tujuan yang sama.

Nah, itulah beberapa tips untuk memangkas biaya ekspedisi pengiriman barang. Namun, sebenarnya masih ada cara lainnya yakni memiliki gudang di lokasi strategis.

Di Karawang, gudang seperti ini bisa Anda sewa dari Karawang Sentra Bizhub. Silahkan hubungi kami untuk menemukan lebih banyak informasi tentang gudang KSB!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub