Bagaimana Cara Kerja Shipper dan Apa Arti Istilah Ini?

Senin, 13 November 2023

Bagaimana Cara Kerja Shipper dan Apa Arti Istilah Ini?
Dalam dunia logistik dan pengiriman barang sering disebut istilah shipper, bahkan bagi Anda yang aktif di marketplace baik sebagai penjual maupun pembeli akan sangat familiar dengan kata tersebut. apa arti shipper sebenarnya dan bagaimana cara kerja shipper tersebut?

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini shipper sudah sangat erat kaitannya dengan berbagai kebutuhan masyarakat, apalagi sejak bisnis online semakin dipilih untuk memasarkan berbagai jenis produk. Berikut ini, penjelasan lengkap seputar shipper yang perlu Anda ketahui!

Apa itu shipper?


Kata shipper itu diambil dari bahasa Inggris yang memiliki arti pengirim. Namun kalau berbicara soal istilah logistik, maka artinya adalah orang perorangan atau perusahaan yang memiliki bidang usaha di bidang pengaturan pengiriman barang dari sebuah lokasi ke lokasi lainnya.

Tugas dari perusahaan shipper ini sangat kompleks, mulai dari menerima barang dari klien yang mau dikirim. Kemudian melakukan alur proses pengiriman barang sesuai jadwal yang sudah ditentukan, supaya dapat sampai ke alamat tujuan sesuai target.

Untuk perusahaan shipping yang besar, cakupan area kerjanya juga luas mencakup provinsi hingga berbagai negara. Namun ada juga jenis lokal, yang hanya menerima pengiriman untuk diantar ke di dalam sebuah negara, provinsi, kabupaten atau kota.

Bagaimana Cara Kerja shipper?


Kalau Anda berminat untuk terjun ke bisnis shipper, tentu perlu tahu bagaimana cara kerja shipper tersebut secara detail. Penasaran? Ini dia informasinya.
  • Menerima barang yang akan dikirim, baik itu dari pemasok barang yang akan melakukan pengiriman, vendor-vendor proyek, hingga konsumen perorangan.
  • Mencatat data barang, pengirim, dan penerima sebagai bagian proses inventarisasi
  • Menyimpan barang di posisi yang tepat, untuk mempermudah pengiriman
  • Melakukan pengepakan barang agar kualitasnya tetap terjaga sepanjang perjalanan kirim dan sampai ditujuan
  • Mengecek barang yang akan dikirim, mensinkronkannya dengan jadwal keberangkatan
  • Packing barang yang akan dikirim, sesuai jenis agar kondisinya aman sampai tujuan
  • Memastikan setiap klien sudah membayar biaya pengiriman sesuai aturan yang sudah dibuat
  • engirim barang menggunakan alat transportasi tepat, agar sampai tepat waktu
  • Menyediakan sistem pelacakan posisi barang, yang bisa diakses oleh pengirim maupun penerima
Berbisnis shipper memang harus dipersiapkan dengan matang, mulai dari pelayanan dan fitur yang disediakan hingga cara kerja shipper yang akan diterapkan nanti benar-benar memberikan kepuasan kepada pelanggan dan Anda sendiri.

Dalam bisnis ini, Anda juga memerlukan gudang untuk mendukung proses distribusi, mengamankan stok dan mempertahankan kualitas produk. Karena gudang merupakan aspek yang penting, maka sebaiknya gunakan warehouse dari Karawang Sentra Bizhub.

Mengapa?

Pasalnya, KSB menawarkan layanan sewa gudang berkualitas tinggi dengan harga termurah. Anda bisa juga melakukan konsultasi secara GRATIS mengenai kebutuhan Anda. Terletak di 5km dari Exit Tol Karawang Barat, membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk memudahkan pengiriman barang.

Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang dan dapatkan ruang bisnis yang ideal di KSB!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub