4 Warehouse Management System yang Sering Digunakan Indonesia

Senin, 13 November 2023

4 Warehouse Management System yang Sering Digunakan Indonesia
Pemilihan Warehouse Management System yang sesuai adalah keputusan yang strategis bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dengan pasar yang terus berkembang dan persaingan yang semakin ketat, WMS dapat menjadi kunci kesuksesan dalam memastikan ketersediaan produk, pengiriman yang tepat waktu, dan pelanggan yang puas.

Nah, untuk itu mari kita jelajahi berbagai sistem pengelolaan gudang yang sering digunakan, masing-masing dengan keunggulan dan karakteristiknya sendiri. Hingga pada akhirnya, Anda dapat membuat keputusan terbaik untuk gudang Anda.

Warehouse Management System Indonesia Terpopuler


Umumnya, Warehouse Management System akan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti email, scanner barcode, dan beberapa jenis fitur seperti ini lainnya, agar pelaku usaha bisa lebih mudah untuk menggunakannya.

Namun, tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang belum tahu tentang apa saja jenis Warehouse Management System yang sering digunakan di Tanah Air. Berikut adalah beberapa jenis sistem pergudangan yang harus Anda tahu!

1. Standalone WMS
Tipe yang satu ini lebih sering dipakai pada perangkat keras dan jaringan bisnis tertentu. Meski harganya tergolong lebih murah, tapi Standalone WMS mampu mengintegrasikan program eksternal dengan perangkat lunak yang sedang berjalan di suatu bisnis.

Namun, Standalone WMS juga memiliki kekurangan yang harus diketahui, yaitu sering menimbulkan berbagai masalah yang salah satunya adalah menyebabkan duplikasi pada entri.

2. Cloud Based WMS
Cukup berbeda dengan tipe yang sebelumnya, untuk Cloud Based WMS merupakan Warehouse Management System Indonesia yang berbasis cloud. Jadi, skalabilitas dari Cloud Based WMS cenderung lebih cepat dan penerapannya pun lebih baik dibanding beberapa jenis WMS lainnya.

3. Sistem ERP
Sistem ERP sudah tidak terdengar asing lagi bagi sebagian pelaku usaha, karena tipe WMS satu ini sering dipakai dalam bidang pergudangan, logistik, akuntansi, maupun supply chain. Saat menggunakan sistem ini, pastikan untuk memilih yang dilengkapi dengan fitur manajemen gudang.

4. Supply Chain Execution
Sebenarnya Warehouse Management System dapat dianggap sebagai sub kategori yang letaknya tepat berada di bawah Supply Chain Management. Nantinya, perangkat lunak ini mengcakup berbagai fungsi yang lebih luas dan dapat membantu penggunanya untuk mengelola banyak aspek sekaligus.

Setelah memahami tentang Warehouse Management System Indonesia, Anda harus mulai mempertimbangkan lokasi gudang yang akan digunakan. Karawang Sentra Bizhub menawarkan ruang bisnis ideal yang lokasinya berada di jalan lebar dengan lanskap taman hijau yang indah dan strategis.

Ingin gudang terpadu dengan fasilitas hotel dan area perkantoran? Hubungi kami sekarang!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub