Tren Terbaru dalam Inovasi Otomatisasi dalam Bisnis Logistik

Selasa, 16 April 2024

Tren Terbaru dalam Inovasi Otomatisasi dalam Bisnis Logistik
Saat ini, operasional dalam bisnis logistik semakin mudah dan efisien berkat otomatisasi dan kemajuan teknologi. Karenanya, inovasi otomatisasi tersebut menjadi tren di industri logistik.

Otomatisasi tidak hanya meningkatkan efisiensi dan produktivitas, tetapi juga mengurangi biaya dan meningkatkan keamanan dalam industri logistik.

Adopsi teknologi otomatisasi adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan kinerja dan daya saing di era digital ini.

Apa Saja Tren Otomatisasi Bisnis Logistik yang Sedang Populer?

Berbagai teknologi canggih telah diadopsi dalam industri logistik untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keamanan dalam operasional gudang, berikut diantaranya:

1. Otomatisasi dalam Pemilihan dan Penyortiran Barang

Salah satu tren otomatisasi dalam industri logistik adalah otomatisasi dalam pemilihan dan penyortiran barang. Otomatisasi dalam dua proses ini dapat meminimalisir penggunaan tenaga kerja, biaya operasional, dan kesalahan yang disebabkan oleh human error.

Otomatisasi ini biasanya menggunakan mobile sort solutions dan collaborative mobile robots. Alat dengan teknologi ini dapat secara akurat memilih barang sesuai perintah dan menyortirnya berdasarkan alamat. Dengan demikian, proses pemilihan dan penyortiran lebih efisien.

2. Pelacakan Produk yang Optimal dengan Teknologi RFID

Bisnis logistik sekarang ini tak bisa lepas dari teknologi pelacakan produk. Salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk pelacakan produk secara otomatis dan real time adalah RFID (radio-frequency identification).

Baca juga: 7 Alat untuk Membantu Pekerjaan Gudang, Ada Alat Angkat Drum!

Proses pelacakan dengan RFID mengharuskan pihak perusahaan logistik untuk memasang tag pada tiap barang atau kemasannya. Dengan demikian, perusahaan dapat melacak pergerakan dan keberadaan inventaris secara real time.

RFID sendiri memberi beberapa keuntungan bagi penggunanya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Meminimalisir kesalahan dalam manajemen inventaris.
  • Mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan barang.
  • Memudahkan proses stocking barang karena visibilitas stok yang lebih baik.
3. Sistem EDI untuk Meningkatkan Akurasi dan Kecepatan Proses

Teknologi lain yang sedang tren di bisnis logistik adalah sistem EDI (Electronic Data Interchange). Sistem ini dapat meningkatkan akurasi dan kecepatan proses logistik karena memungkinkan pertukaran informasi dan dokumen yang lebih akurat dan cepat.

Pertukaran informasi dan dokumen secara elektronik ini membuat transaksi bisnis berjalan secara lebih efisien dan minim kesalahan daripada jika pertukaran informasi dan dokumen dilakukan secara manual. Alhasil pelanggan akan merasa lebih puas.

Selain itu, pertukaran data logistik yang lebih cepat dan akurat juga memberi manfaat bagi operasional gudang. Beberapa contohnya adalah pengelolaan stok yang lebih optimal dan perencanaan produksi yang lebih baik.

Nah, sistem otomatisasi dalam bisnis logistik di atas dapat Anda terapkan di gudang mana saja, termasuk di gudang terpadu di Karawang Sentra Bizhub (KSB).

Gudang di KSB dapat dirancang khusus untuk mendukung penerapan otomatisasi logistik dengan menyediakan fasilitas lengkap. Mulai dari sistem rak gudang yang kompatibel dengan robot, conveyor, WMS, dan infrastruktur IT yang mumpuni.

Silahkan hubungi Karawang Sentra Bizhub dan dapatkan informasi fasilitas dan solusi terbaik untuk raih produktivitas maksimal dalam operasional gudang Anda!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub