Tips Cerdas dalam Mengelola Stok Barang Gudang

Kamis, 14 September 2023

Tips Cerdas dalam Mengelola Stok Barang Gudang
Pengelolaan stok barang gudang bagi sebuah perusahaan merupakan hal penting, guna memastikan data administrasi gudang tidak bermasalah. Dengan cara kelola tepat, maka gudang jenis apapun untuk kebutuhan bisnis tidak akan mengalami masalah minim stok apalagi sampai habis.

Kegiatan manajemen stok ini, biasanya akan mulai dibutuhkan ketika jumlah barang yang ada disana sudah semakin banyak. Jika dibiarkan menumpuk tanpa dilakukan pengelolaan, maka akan timbul kerugian yang berdampak pada operasional kegiatan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut kami berikan langkah-langkah mengoptimalkan inventaris produk perusahaan. Pastikan Anda membaca hingga akhir ya!

5 Tips Mengelola Stok Barang Gudang

Percaya atau tidak, manajemen stok barang yang buruk merupakan ancaman besar bagi kelangsungan sebuah bisnis. Apalagi bagi pemula, karena pada akhirnya mereka banyak yang gulung tikar akibat hal ini.

Agar hal tersebut tidak terjadi, tentunya dibutuhkan strategi yang tepat untuk menangani masalah persediaan barang. Sebagai contohnya, perhatikan artikel di bawah ini!

• Buat Pembukuan Stok Barang

Tips pertama adalah membuat pembukuan stok barang yang masuk dan keluar secara rutin, untuk meminimalisir kesalahan data ketika melakukan rekap di akhir hari, minggu, atau bulan.

Tempatkan satu orang yang memiliki kemampuan hitung menghitung dan punya daya ingat tinggi untuk melakukan tugas ini.

• Pastikan Barang Diberi Label

Mau mempermudah mengenali barang, lokasi penyimpanan, dan spesifikasi lainnya dibutuhkan pelabelan atau pemberian kode yang jelas pada setiap barang. Ini akan berhubungan langsung dengan pendataan barang agar tidak salah.

• Tempatkan Stok Baru dan lama Ditempat Berbeda

Posisi stok barang, baik itu bahan baku, setengah jadi, maupun barang jadi harus dibedakan juga berdasarkan stok lama dan baru. Jadi, stok lama akan lebih dahulu dihabiskan sebelum menggunakan stok baru guna meminimalisir penggunaan barang kadaluarsa.

• Pengaturan Stok Barang Terjual dan Restan

Lakukan juga pengaturan yang jelas, tentang barang terjual dan tidak terjual atau restan. Ini akan mempengaruhi pembukuan dan pelaporan kondisi stok barang gudang yang tepat.

• Buat Stok Cadangan

Untuk menghindari kehabisan stok, di dalam gudang juga perlu dipersiapkan area persediaan cadangan. Akan berguna ketika stok yang sudah ada semakin menipis sementara kebutuhan masih tinggi.

Demikian cara kelola stok barang gudang yang sekiranya dapat membantu Anda kedepannya. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikannya lagi dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan ya!

Jangan lupa pula bagi Anda yang sedang mencari jasa sewa gudang di pusat industri, silahkan segera hubungi kami. Anda tak perlu khawatir akan kualitas gudang yang disediakan karena ribuan klien kami telah membuktikan kelayakan Karawang Sentra Bizhub ini.

Jadi, tunggu apalagi? Lihat unit yang tersisa dan dapatkan gudang pilihan Anda sekarang juga!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub