Strategi Pemeliharaan dan Perawatan Gudang yang Efektif

Jumat, 01 September 2023

Strategi Pemeliharaan dan Perawatan Gudang yang Efektif
Gudang merupakan ruangan penting dalam aktivitas logistik sehingga perlu menerapkan strategi perawatan dan pemeliharaan gudang yang baik. Dengan begitu, stok barang yang tersimpan selalu terjadi dengan rapi dan bersih.

Pada dasarnya, pemeliharaan dan perawatan gudang tidak sulit karena biasanya sudah ada bagian yang menangani tugas ini. Meski demikian, masih ada yang mengabaikan perawatan gudang karena hanya sekedar tempat penyimpanan.

Oleh karena itu, bagi yang sedang mencari referensi pemeliharaan dan perawatan gudang. Berikut penjelasan terkait strategi gudang tetap terawat dan terpelihara. Yuk, simak!

Strategi Pemeliharaan dan Perawatan Gudang

Perawatan dan pemeliharaan gudang dapat mempermudah saat ingin mengelola barang yang tersimpan. Selain itu, gudang menjadi sumber penyakit jika tidak merawatnya. Adapun pemeliharaan dan perawatan gudang sebagai berikut:

1. Perawatan Gudang secara Rutin

Bagi perusahaan yang sewa gudang Karawang untuk logistik, maka perlu perawatan dan pemeliharaan secara rutin ketika intensitas tinggi atau adanya aktivitas bongkar muat barang sering. Tujuannya agar kebersihan terjaga.

2. Perawatan Sesuai Jenis Barang

Melakukan perawatan dan pemeliharaan akan lebih mudah jika sesuai dengan jenis barang. Artinya, Anda harus bisa mengenali material dari barang di gudang sehingga akan lebih mudah menentukan perawatan gudang yang tepat.

3. Menata Barang Masuk Gudang

Perawatan dan pemeliharaan gudang yang efektif adalah menata jenis barang yang masuk sesuai dengan zona penyimpanan. Letakkan barang sesuai dengan ukuran dan volumenya, serta memberi label pada kotak penyimpanan barang.

4. Gudang Aman dari Jamur

Ruangan gudang yang lembab dan pengap mudah mengundang jamur. Oleh karena itu, Anda wajib mengecek setiap dinding gudang agar tak berjamur yang dapat merusak barang seperti buku, alat elektronik, dan lain sebagainya.

5. Bagi Area Sesuai Kategori Barang

Dengan membagi area gudang sesuai dengan kategori barang, maka akan memudahkan dalam merawat dan mengambil barang. Anda bisa membagi ruang sesuai dengan jenis barang, buat lemari atau rak agar tersusun dengan rapi.

Beberapa strategi pemeliharaan dan perawatan di atas guna membuat ruangan gudang tetap bersih dan rapi. Sementara itu, bagi Anda yang sedang mencari gudang penyimpanan barang logistik, wajib pilih gudang di Karawang Sentra Bizhub.

Mengapa?

Karena Karawang Sentra Bizhub atau KSB menawarkan gudang dengan spesifikasi yang memungkinkan Anda beraktivitas dengan nyaman dan aman. Mulai dari sistem one way in, fasilitas mewah seperti hotel hingga lokasinya yang strategis dekat dengan pusat kota.

Cek unit yang tersisa sekarang juga dan amankan gudang industri impian Anda!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub