Jenis Jenis Gudang Ini Wajib Banget Pebisnis Ketahui!

Kamis, 14 September 2023

Jenis Jenis Gudang Ini Wajib Banget Pebisnis Ketahui!
Jika selama ini Anda hanya mengenal gudang sebagai tempat menyimpan barang, ternyata jenis-jenis gudang sangat beragam. Bisa diklasifikasikan berdasarkan pemahaman umum atau spesifikasi penyimpanan yang dilakukan di dalamnya.

Para pelaku bisnis, adalah pihak yang paling banyak berhubungan dengan gudang apapun jenis bisnisnya. Berikut ini, beberapa jenis diantaranya untuk Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membangun atau menyewa salah satunya.

Jenis Jenis Gudang Terpopuler

Kalau dikelompokkan secara tegas, ada dua kategori jenis dari gudang yang sering dipakai saat ini. masing-masing memiliki nama dan fungsinya sendiri.

Berdasarkan Pemilik dan Pengoperasiannya

Kalau dikaji dari segi pemilik dan operasionalnya, ada empat jenis gudang yang wajib Anda tahu, yaitu:

• Gudang Umum

Merupakan gudang yang bisa dipakai oleh siap saja, sistem penggunaannya adalah sistem sewa. Nantinya perusahaan tertentu akan memanfaatkannya untuk kebutuhan usaha, setelah mas sewa habis maka berganti penyewa lain yang menggunakan bangunan tersebut.

• Gudang Pribadi

Jenis ini dimiliki dan dikelola oleh orang perorangan atau bisa disebut swasta, tidak ada campur tangan pihak lain. Biasanya dipakai untuk mendistribusikan produk bisnis, menyimpan produ, hingga menerima order langsung dari pelanggan.

• Gudang Distributor

Gudang yang dijadikan tempat menyimpan barang, sebelum disalurkan kepada distributor yang sudah bekerjasama dengan pemilik barang.

Berdasarkan Spesifikasi Penyimpanan

Dilihat dari spesifikasi penyimpanan, ada lima jenis jenis gudang yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan.

• Gudang Bahan Baku Usaha

Tempat ini dipakai untuk menyimpan bahan baku dari sebuah usaha, nantinya dari gudang inilah bahan baku produk bisnis diambil dan diolah menjadi produk siap jual.

• Gudang Barang Produksi

Merupakan gudang tempat produk bisnis yang sudah siap dijual disimpan, ada inventarisasi produk, berdasarkan jenis dan kategori lainnya di dalam gudang ini.

• Gudang Bahan Setengah Jadi

Gudang yang berisi produk yang masih akan lanjut ke proses finishing. Nantinya barang yang ada di dalamnya akan masuk ke proses produksi selanjutnya.

• Gudang Sortir

Jenis gudang ini isinya adalah produk yang akan disortir berdasarkan kriteria tertentu, sebelum dikirim kepada pelanggan. Sebagai contoh adalah gudang sortir produk skincare, di dalamnya akan diklasifikasikan produk skincare sesuai order lalu dikirim ke konsumen

• Gudang Transit

Tempat menyimpan barang dari berbagai supplier bisnis, kemudian produk tersebut akan masuk proses kolaborasi sebelum disebarkan pada pelanggan.

Apakah Anda sudah paham apa saja jenis-jenis gudang di atas? Manakah jenis yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan? Kalau sudah tahu jenisnya, langkah selanjutnya adalah order sewa gudang di Karawang Sentra Bizhub.

Jelaskan kebutuhan Anda dan tim kami siap sedia memberikan pilihan gudang terbaik!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub