Inovasi Teknologi dalam Gudang Logistik, Jadi Lebih Efisien!

Rabu, 17 April 2024

Inovasi Teknologi dalam Gudang Logistik, Jadi Lebih Efisien!
Di era modern ini, para pengusaha dapat mengelola gudang logistik dengan lebih efisien karena majunya teknologi. Inovasi teknologi mampu mengoptimalkan berbagai aspek operasional gudang, mulai dari penerimaan barang, penyimpanan, hingga pengiriman.

Jika Anda termasuk pengusaha yang perlu mengadopsi teknologi pergudangan logistik terbaru, Anda bisa mempertimbangkan beberapa teknologi yang akan dibahas setelah ini. Teknologi ini sudah terbukti dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan gudang.

Teknologi Pengelolaan Gudang Logistik

Penerapan teknologi dalam pengelolaan gudang dijamin dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta mengurangi biaya dan kesalahan. Berikut beberapa contoh inovasi yang dapat diterapkan di gudang logistik.

1. Warehouse Management Systems

Teknologi warehouse management systems (WMS) sangat memudahkan pengelola gudang. Sistem ini mampu menggabungkan banyak data pergudangan dalam satu platform yang menawarkan gambaran menyeluruh dari seluruh proses logistik.

Setiap anggota dalam rantai pasokan dapat mengakses platform ini dan memberikan laporan real time. Manfaat yang diperoleh dari penggunaan WMS adalah sebagai berikut.
  • Perkiraan jumlah permintaan yang lebih akurat.
  • Alokasi tenaga kerja yang efisien sehingga upah tenaga kerja dapat dikurangi.
  • Inventaris yang lebih akurat.
  • Proses pergudangan lebih efisien.
  • Keamanan gudang yang lebih baik.
2. Alat Pengambil dan Penyimpan Barang Otomatis

Saat ini otomatisasi menjadi hal wajib dalam gudang logistik. Bentuk otomatisasi yang banyak diadopsi adalah penggunaan alat pengambil dan penyimpan otomatis. Alat ini mempunyai berbagai keunggulan.
  • Pengambilan dan pengepakan barang yang akurat.
  • Mengurangi waktu pengambilan dan penyimpanan barang.
  • Mengurangi risiko human error.
  • Meningkatkan alokasi tenaga kerja.
3. AGV

Bentuk otomatisasi lain dalam pergudangan logistik adalah AGV atau Automated Guided Vehicle. AGV dapat secara otomatis melakukan bongkar muat barang dan mengantarkannya di bagian-bagian gudang yang telah ditentukan.

Baca juga: 5 Alat Bantu Angkat Barang Berat untuk Pekerjaan Gudang

AGV tersedia dalam beberapa macam, yaitu unit load AGV, towing AGV, dan forklift AGV. Selain itu, AGV juga memiliki kapasitas berat barang dan jangkauan tinggi yang berbeda-beda.

4. RPA

RPA (otomatisasi proses robot) juga bisa digunakan untuk pengelolaan gudang yang lebih efisien. RPA merupakan perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses bisnis berdasarkan instruksi yang diberikan. Teknologi ini paling cocok untuk gudang bervolume besar.

Beberapa tugas yang bisa dilakukan oleh RPA adalah menghitung pajak, memantau inventaris, dan mengkonfirmasi keakuratan pesanan konsumen. Gudang yang dilengkapi dengan teknologi ini umumnya memiliki proses operasional yang efisien.

Nah, adopsi teknologi canggih diatas dapat membantu gudang logistik Anda beradaptasi dengan kebutuhan pasar yang terus berubah dan meningkatkan daya saing di era digital ini.

Jadi, investasi dalam teknologi ini adalah langkah yang tepat untuk mencapai efisiensi dan produktivitas yang optimal, serta meningkatkan daya saing perusahaan Anda.

Karawang Sentra Bizhub, sebagai kawasan industri dan pergudangan terpadu siap membantu Anda dengan menyediakan solusi gudang dengan teknologi terdepan.

Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan solusi gudang yang efisien, efektif, dan modern!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub