5 Alat Bantu Angkat Barang Berat untuk Pekerjaan Gudang

Rabu, 15 November 2023

5 Alat Bantu Angkat Barang Berat untuk Pekerjaan Gudang
Dalam lingkungan kerja gudang yang penuh dengan kegiatan fisik, ketersediaan alat bantu angkat barang berat dapat menjadi kunci sukses untuk kelancaran operasional. Menangani barang berat secara manual seringkali menimbulkan risiko cedera atau kelelahan yang berlebihan bagi para pekerja.

Dengan memilih alat bantu yang sesuai, perusahaan tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan nyaman bagi para pekerja gudang.

Alat Bantu Angkat Barang Berat


Dengan menggunakan alat bantu angkat barang besar dan berat yang berkualitas, proses pemindahan barang ini bisa dilakukan secara lebih aman dan mudah. Selain itu, keberadaan peralatan angkat barang berat ini juga dapat menjadikan pekerjaan gudang menjadi lebih cepat selesai.

Maka dari itu, Anda perlu mengenali nama-nama peralatannya dengan baik, dan beberapa di antaranya adalah:

1. Crane

Ada 4 jenis crane yang sering dipakai untuk mengangkat barang berat, yaitu tower crane, crawler crane, hoist crane, dan mobile crane. Biasanya, peralatan pengangkat barang berat ini dilengkapi dengan tiang pengangkat yang dapat berputar hingga 360 derajat.

2. Hand Stacker

Tak sedikit pekerja gudang yang menggunakan alat ini untuk mengangkat maupun memindahkan barang berat yang ukurannya bisa mencapai 1-2 ton. Bagian depan alat ini akan dilengkapi dengan garpu besar yang ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran paletnya.

3. Forklift

Jika dibandingkan dengan alat bantu angkat barang berat yang lainnya, forklift adalah yang paling umum dan sering dilihat oleh banyak orang. Fungsi dari alat ini adalah untuk mengangkat barang berat dan sering digunakan pada suatu pabrik, gudang, maupun supermarket.

4. Drum Lifter

Dapat dilihat dari namanya, drum lifter bisa dipakai untuk mengangkat maupun memindahkan drum dalam gudang, karena alat ini dilengkapi dengan pengait drum yang sangat aman. Jadi, alat ini mampu memiringkan drum hingga 300 derajat.

5. Webbing Sling

Umumnya, orang-orang menggunakan alat ini ketika mereka hendak mengangkat barang dengan cara manual. Tak perlu khawatir mengenai keamanannya, karena peralatan yang satu ini telah dilengkapi dengan tali penarik yang sangat aman.

Itulah daftar alat bantu angkat barang berat yang bisa membantu kegiatan bisnis Anda di dalam gudang. Tak hanya butuh peralatan yang tepat, Anda juga harus memilih gudang terbaik untuk memaksimalkan proses produksi hingga distribusi.

Dalam hal tersebut, Karawang Sentra Bizhub jadi pilihan yang sempurna. KSB merupakan cluster industri dan gudang terpadu yang memilih fasilitas dan sarana pendukung terlengkap. Hubungi kami sekarang dan dapatkan unit gudang termurah berkualitas tinggi!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub