Ingin Menghemat Biaya Produksi? Metode Just in Time Adalah Solusinya!

Kamis, 18 Juli 2024

Ingin Menghemat Biaya Produksi? Metode Just in Time Adalah Solusinya!
Metode just in time adalah sebuah strategi manajemen yang dilakukan dengan tujuan untuk meminimalkan biaya inventaris serta meningkatkan efisiensi. Maka dari itu, metode just in time ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan untuk menghemat biaya produksi.

Ingin tahu lebih dalam mengenai cara kerja dari metode ini dan apa saja keuntungan serta kerugiannya? Cari tahu selengkapnya pada uraian di bawah ini!

Cara Kerja Metode Just in Time (JIT)

Metode ini diterapkan guna meminimalkan biaya inventaris dalam proses produksi dan meningkatkan efisiensi. Mengapa bisa demikian?

Jadi sistem produksi dengan metode JIT dapat menghemat biaya persediaan karena produsen hanya menerima bahan baku produksi sesuai dengan kebutuhan atau permintaan dari klien. Dengan demikian, tidak perlu membayar biaya inventaris atau penyimpanan.

Contoh penerapan sistem inventory JIT yaitu produsen mobil yang beroperasi dengan tingkat inventaris yang rendah. Dengan demikian, aktivitas produksinya sangat bergantung pada rantai pasokan untuk memenuhi kebutuhan suku cadang untuk membuat mobil.

Baca juga: 10 Tips Layout Gudang yang Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas

Hal ini dikarenakan pabrikan hanya akan merakit kendaraan setelah mendapatkan pesanan lalu akan memesan suku cadang yang dibutuhkan.

Agar manufaktur JIT bisa berhasil, terdapat hal-hal yang penting untuk diperhatikan diantaranya yaitu perusahaan harus mempunyai produksi yang stabil, mesin pabrik bebas dari adanya kesalahan, pengerjaan yang dilakukan berkualitas tinggi serta memiliki pemasok yang bisa diandalkan.

Manfaat Metode Just in Time (JIT)

Jika dibandingkan dengan sistem inventaris model tradisional manfaat dari metode just in time adalah proses produksi bisa berlangsung lebih singkat, sehingga produsen dapat dengan cepat untuk berpindah dari pengerjaan produk yang satu ke produk lainnya.

Pihak produsen juga dapat membawa bahan baku dan barang dalam jumlah yang lebih besar dengan inventaris, dengan demikian maka akan lebih siap untuk menghadapi adanya peningkatan permintaan dari konsumen.

Selain itu, bisa menghemat biaya karena tidak harus mengeluarkan biaya inventaris serta pemesanan bahan baku sudah disesuaikan dengan produk yang dipesan sehingga tidak lebih.

Dampaknya, perusahaan dapat mengalokasikan dana lebih banyak untuk inovasi dan pengembangan produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing di pasar.

Jika Anda mencari lokasi strategis untuk mendukung implementasi JIT dan efisiensi bisnis Anda, Karawang Sentra Bizhub adalah pilihan tepat.

Dengan fasilitas lengkap dan akses mudah ke berbagai moda transportasi, KSB menawarkan lingkungan bisnis yang kondusif untuk pertumbuhan dan perkembangan usaha Anda.

Hubungi Karawang Sentra Bizhub untuk penawaran spesial hari ini!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub