Gudang Berantakan? Pilih Metode Penyimpanan Barang di Gudang Ini

Sabtu, 06 Juli 2024

Gudang Berantakan? Pilih Metode Penyimpanan Barang di Gudang Ini
Proses penyimpanan barang tidaklah mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan metode penyimpanan barang di gudang tertentu agar pengelolaannya bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk menentukan metode yang tepat sesuai dengan proses bisnisnya.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya yaitu mengenai jenis barang, ukuran barang dan perputaran barang. Simak selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut apa saja pilihan metode yang tersedia.

5 Metode Penyimpanan Barang di Gudang

Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing metode penyimpanan barang di gudang, diantaranya ada:

1. Metode Dedicated Storage

Jenis metode ini memungkinkan setiap barang mempunyai lokasi atau letak yang tetap di dalam gudang. Jadi tempat tersebut tidak dapat diganti atau diubah dengan jenis barang yang lainnya, walaupun dalam kondisi kosong.

Penggunaan metode ini dapat mempermudah karyawan dalam mengingat setiap lokasi produk di dalam gudang, serta memiliki penataan yang lebih teratur berdasarkan jenisnya.

2. Metode Class-Based Storage

Selanjutnya ada metode class-based storage yaitu pengelolaan barang di gudang yang dikelompokkan berdasarkan pada kelas atau kategori tertentu. Jadi masing-masing kategori produk tertentu akan menempati area yang telah ditetapkan.

3. Metode Randomized Storage

Metode randomized storage merupakan pengelolaan barang di gudang yang dilakukan dengan menempatkan produk secara acak. Penempatan produk dengan menggunakan metode ini tidak ditentukan terlebih dahulu sebelumnya, jadi tidak ada kelompok atau kategori produk tertentu.

Dengan menggunakan metode ini maka setiap ruang penyimpanan barang di gudang bisa dimaksimalkan.

4. Metode Cube per Order Index Policy

Metode cube per order index policy yaitu metode penyimpanan barang dengan cara memprioritaskan produk yang memiliki jumlah transaksi paling tinggi. Karena barang-barang yang demikian memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Baca juga: 10 Tips Layout Gudang yang Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas

Penerapan metode ini dilakukan dengan mengatur produk berdasarkan pada jumlah permintaan pelanggan, jarak perjalanan dan kategori produk.

5. Metode Shared Storage

Metode penyimpanan yang terakhir yaitu metode pengelolaan stok barang dengan cara memanfaatkan satu lokasi untuk seluruh jenis produk. Jadi ketika terdapat tempat yang kosong, maka bisa diisi dengan stok barang yang lain. Dengan demikian, manfaat gudang bisa lebih maksimal.

Memilih metode penyimpanan barang di gudang yang tepat bisa menjadikan proses pengelolaan stok produk lebih efektif dan efisien.

Selain itu, pastikan juga untuk menyewa gudang yang memiliki lokasi strategis seperti Karawang Sentra Bizhub, yang dilengkapi dengan beragam fasilitas.

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub