Cara Mudah Membuat Site Plan dan Fungsinya Bagi Bisnis

Sabtu, 16 September 2023

Cara Mudah Membuat Site Plan dan Fungsinya Bagi Bisnis
Site plan adalah salah sebuah gambaran tentang pengaturan rencana pembangunan sebuah rumah, gedung, dan lainnya. Di berbagai bidang industri hingga konstruksi, cara membuat site plan sangat penting dipahami supaya dapat dijadikan acuan ketika pembangunan akan dimulai.

Fungsi dari site plan ini sangat beragam, dari fungsi tersebut dapat tergambar sangat penting untuk membuat dokumen tersebut termasuk membuat versi yang tepat. Berikut ini informasi lengkap seputar hal tersebut.

Fungsi Site Plan

Ada empat fungsi dari site plan, baik itu bagi pemilik lahan yang akan dibangun maupun pihak kontraktor atau pengembang sebagai pihak yang melakukan pembangunan.

• Menjelaskan Detail Bangunan dan Fasilitas Pendukung

Di dalam sebuah site plan akan dijelaskan secara detail tentang bangunan yang akan dibuat. Bukan sekedar bentuk dan ukuran, namun meliputi semua fasilitas dan hal pendukung lainnya di sekitar bangunan tersebut.

• Acuan Perencanaan untuk Pengembang

Untuk pengembang yang akan membangun bersama pihak kontraktor, site plan akan dibutuhkan untuk melakukan penghitungan koefisiensi dasar bangunan dan garis sempadan bangunan. Sehingga bisa dipastikan ukuran tersebut tidak menyalahi aturan yang berlaku.

Baca juga: Ketahui 5 Perubahan Operasional Gudang Penyimpanan Pasca Covid-19

• Bagian Penting Syarat Administratif Pengajuan Izin

Saat mengurus administrasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), akan sangat dibutuhkan site plan sebagai salah satu syarat penting agar izin tersebut dapat dikeluarkan pihak terkait.

Cara Membuat Site Plan

Bagaimana cara membuat site plan? Sebenarnya tidak sulit, asal melalui alur yang benar. Berikut ini beberapa langkah-langkahnya!

• Ukur Kawasan Berdasarkan Tata Kota

Lakukan pengukuran kawasan pembangunan, sehingga bisa dipastikan berapa garis sempadan bangunan, koefisien dasar bangunan, dan daerah milik jalan.

• Buat Versi Sketsa Biasa

Sebelum dibuat versi site plan aslinya, buat terlebih dahulu di kertas biasa dengan jelas dan detail. Bentuk bangunan, ukuran, posisi, fasilitas pendukung lainnya.

• Libatkan Profesional

Agar hasil yang didapat merupakan site plan terbaik dan sempurna, maka libatkan tenaga profesional yang sudah berpengalaman membuat site plan.

Jangan abaikan pentingnya cara membuat site plan saat akan membuat sebuah bangunan. Pastikan Anda membuat rancangan yang matang dan apabila perlu mintalah pendampingan oleh tenaga ahli yang profesional.

Sekian artikel kali ini, stay tuned dan tunggu artikel menarik lainnya ya!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub