Arti Picking dalam Proses Pergudangan Modern

Jumat, 03 Mei 2024

Arti Picking dalam Proses Pergudangan Modern
Dalam proses pergudangan modern terdapat istilah picking. Istilah ini biasanya ditemui pada awal proses pemesanan dan pengiriman barang. Proses picking ini perlu sistem yang baik agar kepuasan konsumen tetap terjaga.

Proses picking yang efisien dan akurat menjadi kunci utama dalam meminimalisir kesalahan, mempercepat waktu pemenuhan pesanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Oleh karena itu, penting bagi manajemen gudang untuk memahami arti picking dan jenis-jenisnya.

Arti Picking dalam Pergudangan

Picking yaitu pengambilan barang di gudang dengan tujuan untuk memenuhi pesanan konsumen. Proses picking merupakan tahap yang penting dalam pengiriman. Jika pegawai gudang sampai salah dalam mengambil barang, maka kepuasan konsumen akan terganggu.

Untuk menghindari kesalahan picking, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh perusahaan.
  • Tata gudang dengan baik agar proses pengambilan barang berjalan lancar dan risiko barang rusak bisa diminimalisir.
  • Kelompokkan barang sesuai kriteria agar barang mudah ditemukan oleh pegawai gudang.
  • Gunakan teknologi atau sistem terbaru untuk menjaga akurasi dan kecepatan pengambilan barang.
Jenis-Jenis Picking

Selain harus memahami arti picking, Anda yang hendak terjun ke dunia pergudangan harus memahami jenis-jenis picking. Berikut ini beberapa jenis picking yang sering diterapkan oleh perusahaan logistik dan pengiriman barang.

1. Batch Picking

Dalam batch picking, pegawai gudang akan mengambil beberapa barang pesanan sekaligus di gudang. Setelah itu, ia akan menempatkan tiap barang sesuai dengan format pesanan.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Shipper dan Apa Arti Istilah Ini?

Keunggulan jenis picking ini adalah hemat waktu dan meminimalisir jarak pengambilan.

2. Pick to Order

Metode pick to order mengharuskan pegawai gudang untuk mengambil barang sesuai pesanan hingga selesai proses pemesanan lalu menaruhnya ke tempat penyimpanan untuk diberikan kepada konsumen.

3. Zone Picking

Penerapan zone picking memiliki ciri khas berupa pegawai gudang yang ditugaskan pada zona penyimpanan tertentu. Jadi, tiap pegawai ini hanya bertugas mengambil barang pada zona mereka saja.

4. Automated Picking

Automated picking memerlukan teknologi otomatisasi, yaitu alat pengambil barang otomatis.

Saat ini, sudah banyak perusahaan logistik dan pengiriman barang yang menggunakan metode picking ini. Mereka menyukai automated picking karena efisien dan akurat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa arti picking adalah pengambilan barang di gudang sesuai pesanan. Proses picking dan pengiriman barang memerlukan sistem pergudangan yang baik. Agar proses ini lebih efisien, Anda sebaiknya sewa gudang terpadu di Karawang Sentra Bizhub.

Mengapa harus KSB? Pasalnya gudang kami memiliki jalan lebar dan berlokasi di pusat bisnis. Sarana dan prasarana seperti ini tentu akan memudahkan proses picking hingga berdampak baik pada aktivitas operasional lainnya.

Jadikan KSB mitra bisnis Anda dan dapatkan gudang terbaik di kelasnya!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub