5 Manfaat Warehouse Management System

Sabtu, 16 September 2023

5 Manfaat Warehouse Management System
Pengelolaan gudang bagi perusahaan perlu memiliki sistem yang jelas, salah satu yang bisa diterapkan adalah Warehouse Management System (WMS). Pengelolaan ini dilakukan dengan tujuan keberlansungan alur penggunaan gudang yang teratur dan berimbas pada kesuksesan sebuah bisnis.

WMS sendiri merupakan sebuah perangkat lunak, yang akan membantu pengelolaan semua aktivitas pergudangan sebuah perusahaan. Selama ini, masih banyak perusahaan sejenis ritel, manufaktur, hingga distributor yang menerapkan cara manual namun dinilai kurang memuaskan.

Keuntungan Menerapkan Warehouse Management System

Tujuan utama penggunaan WMS ini memang untuk melakukan pengontrolan di gudang bisnis apapun jenis gudang yang digunakan. Sehingga nantinya perusahaan dapat merasakan lima manfaat berikut ini.

1. Meminimalisir Overstock

Overstock atau kelebihan stok sangat mungkin terjadi ketika penghitungan barang di gudang dilakukan secara manual. Hal ini, kecil kemungkinan terjadi ketika menggunakan WMS karena petugas gudang cukup memasukkan data sesuai kategori barang lalu akumulasi akan dilakukan otomatis.

2. Memaksimalkan Pemanfaatan Area Gudang

Dengan menggunakan WMS, area gudang lebih tertata dan dimanfaatkan secara lebih maksimal. Hal ini akan didukung melalui sistem pengelolaan yang terstruktur, dimana setiap bagian ruang gudang akan memiliki fungsinya masing-masing yang akan mendukung alur kerja dan data di area tersebut.

3. Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Karyawan yang sudah paham bagaimana menerapkan Warehouse Management System, akan lebih jelas tugas pokok dan fungsinya selama bekerja. Berbasis sistem tersebut, mereka akan melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan produktif.

4. Meminimalisir Over Budget

Sistem komputerisasi berbasis WMS, mengurangi kemungkinan pengeluaran yang membengkak. Alasannya, melalui data real dari sistem tersebut akan didapatkan penurunan ketergantungan pada alat manual ketika semua alat yang digunakan sudah terkoneksi dengan sistem.

Begitu juga dengan gaji karyawan, bisa diminimalisir karena tidak butuh banyak personil lagi dalam pengelolaan gudang.

5. Mengoptimalkan Pelayanan Kepada Konsumen

Data akurat soal stok barang, lalu lintas barang, hingga kualitas barang akan berimbas pada pelayanan kepada konsumen. Mereka akan mendapatkan informasi tepat soal barang yang tersedia, sehingga bisa memesan sesuai yang dibutuhkan.

Jika WMS sudah diterapkan maksimal, pelanggan juga dapat order langsung produk bisnis secara online yang pastinya akan lebih efektif dan efisien.

Tidak akan ada ruginya jika perusahaan Anda menerapkanĀ Warehouse Management System. Terlebih jika Anda sudah menyewa gudang melalui Karawang Sentra Bizhub, tinggal implementasikan sistemnya dan rasakan manfaat hebatnya bagi bisnis jangka panjang!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub