5 Dampak Sistem Manajemen Gudang yang Buruk, Wajib Waspada!

Jumat, 15 September 2023

5 Dampak Sistem Manajemen Gudang yang Buruk, Wajib Waspada!
Bukan saja soal mengelola keuangan, dalam sebuah bisnis sistem manajemen gudang juga perlu dikelola dengan baik. Mengapa? Hal ini untuk menjaga produk yang dijual tetap berkualitas dan memastikan tidak ada masalah mengenai inventaris.

Tapi sayangnya, tidak semua pebisnis melihat hal ini sebagai salah satu unsur penting. Alhasil terjadilah pengelolaan gudang yang tidak maksimal, bahkan pada beberapa kasus baru teridentifikasi setelah sekian lama terjadi.

Akibat Sistem Manajemen Gudang yang Buruk

Kenapa disebut buruk? Salah satu alasan utamanya adalah karena persiapan awal yang tidak sempurna, sehingga memberikan dampak signifikan pada manajemen secara kontinu. Berikut ini beberapa dampak buruk yang bisa saja terjadi, ketika pengaturan gudang tidak teratur.

1. Data Keluar Masuk Barang Tidak Akurat

Tidak ada data akurat soal jumlah barang yang tersimpan dan keluar dari gudang, sehingga bisa menimbulkan kesalahan informasi sampai ke jajaran top manajemen. Imbasnya bukan saja dari jumlah penjualan, namun juga merembet pada masalah dana operasional yang dikeluarkan.

2. Selisih Jumlah Stok Barang

Selisih ini sangat rentan terjadi ketika proses pencatatan barang yang masuk dan keluar tidak di update secara real time. Jika dibiarkan data stok masuk dan keluar menumpuk dan tidak segera dikalkulasikan, maka kemungkinan banyak selisih antara barang di dalam gudang dan yang sudah dikeluarkan sangat besar.

3. Lokasi Gudang Sulit Tidak Memenuhi Standar

Saat memilih gudang, baik itu disewa maupun dibuat sendiri tentu banyak faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari akses, keamanan, hingga konstruksinya. Ketika dalam sebuah sistem manajemen gudang itu diabaikan maka dampak buruk bisa terjadi.

Diantaranya, barang bisa hilang dicuri karena lokasi gedung jauh dari akses jalan dan tidak dijaga maksimal. Bisa juga terjadi kerusakan barang akibat bencana banjir atau lainnya, akibat lalai mengidentifikasi kondisi lokasi gudang yang aman.

4. Indikasi Bercampurnya Barang

Ketika stock opname atau identifikasi stok dan pengecekan barang tidak dilakukan kontinu, maka kemungkinan barang berkualitas dan buruk untuk tercampur juga sangat besar.

Bisa saja barang kadaluarsa masih tersimpan dan tidak dieliminasi, alhasil ketika sampai pada pelanggan mengakibatkan komplain dan kerugian.

5. Keuntungan Mengalami Penurunan

Empat dampak buruk di atas, akan secara nyata berimbas kepada laba atau profit yang akan diterima perusahaan.

Jangan sampai sistem manajemen gudang buruk itu terjadi pada bisnis Anda, segera cari lokasi gudang yang tepat dan memenuhi kriteria untuk kebutuhan bisnis. Salah satu penyedia yang bisa diandalkan adalah Karawang Sentra Bizhub.

Kami menghadirkan gudang terpadu di cluster industri dengan fasilitas lengkap. Dengan akses jalan yang lebar dan lokasi strategis di 46 Km Timur Jakarta, membuat proses distribusi Anda dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Hubungi kami sekarang dan dapatkan gudang pilihan Anda dengan harga termurah!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub