Wajib Tahu! Inilah 4 Syarat Gudang Penyimpanan yang Baik

Selasa, 29 November 2022

Wajib Tahu! Inilah 4 Syarat Gudang Penyimpanan yang Baik
Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mengetahui syarat gudang penyimpanan yang baik guna memaksimalkan penyimpanan barang. Mengapa? Karena gudang merupakan salah satu komponen penting untuk melangsungkan bisnis.

Pengertian gudang sendiri adalah sebuah tempat penampungan barang hasil produksi, mulai dari bahan baku hingga barang jadi. Lantas apa saja indikator yang menyatakan bahwa sebuah gudang layak untuk digunakan?

Kriteria Gudang Penyimpanan

Adapun yang harus Anda ketahui mengenai syarat gudang yang baik yang baik untuk berbagai produk jualan di antaranya adalah:

1. Memiliki Prosedur yang Tetap

Syarat pertama adalah memiliki prosedur tetap, yang mana prosedur tersebut akan mengatur berbagai macam hal yang ada di dalam gudang nantinya. Hal tersebut dapat dilakukan melalui berbagai macam tata cara atau aturan kerja yang ada.

Contoh, bagian dari prosedur tetap gudang dapat Anda lihat melalui tata cara distribusi, setelah itu aturan lanjut mengenai proses penyimpanan barang dan lainnya.

2. Kondisi Gudang Memadai

Syarat yang kedua muncul dari kondisi, maksudnya tempat penyimpanan yang tujuannya adalah untuk melindungi barang di dalam gudang haruslah memadai.

Artinya gudang penyimpanan harus dipersiapkan sebaik mungkin utamanya kondisi yang luas, sehingga dapat menyimpan barang dalam jumlah banyak. Wajib memiliki pencahayaan yang cukup sehingga pencarian barang dapat dilakukan dengan mudah.

Selain itu pemilik juga harus memperhatikan tingkat kekeringan, suhu, kebersihan dan juga beragam hal lainnya. Dengan memperhatikan kondisi gudang yang baik, barang yang disimpan dalam gudang tentunya juga akan jauh lebih aman.

3. Akses Jalan yang Mudah

Syarat gudang yang baik selanjutnya adalah memiliki kemudahan dalam hal mobilitas dan jalur transportasi. Mengapa? Karena akan banyak kendaraan seperti truk atau mobil yang menuju gudang untuk mengantarkan barang produksi.

Jadi, jika akses jalan gudang tidak memadai maka akan menyulitkan proses distribusi barang sehingga aktivitas bisnis lainnya ikut terhambat.

4. Kebersihan Gudang Terjaga

Aspek terakhir yang perlu diperhatikan adalah tentang kebersihan gudang. Pastikan kondisi gudang terhindar dari bau yang tidak sedap dan hewan-hewan yang bisa merusak barang produksi seperti tikus, kecoa atau rayap.

Nah, itulah empat syarat gudang yang baik dan wajib Anda ketahui. Jika melihat kriteria gudang di atas, rasanya Karawang Sentra Bizhub menjadi pilihan gudang penyimpanan yang tepat. Selain memenuhi standar di atas, Karawang Sentra Bizhub juga menyediakan berbagai fasilitas menarik lainnya.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, jadikan Karawang Sentra Bizhub sebagai gudang pilihan Anda!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub