Tips Memilih dan Menggunakan Mobile Racking

Selasa, 30 Juli 2024

Tips Memilih dan Menggunakan Mobile Racking
Dalam perkembangannya sekarang ini semakin banyak inovasi system racking yang cukup besar, salah satunya yaitu ada Mobile Racking. Jadi mobile racking adalah racking pallet yang mempunyai roda atau track pada setiap rak penyimpanan.

Sehingga ruang penyimpanan yang ada dapat dimaksimalkan dengan baik. Jenis rak penyimpanan ini termasuk ke dalam tipe yang memiliki kepadatan tinggi. Mobile Racking hanya memerlukan satu ruang kosong di dalam gudang yang digunakan sebagai jalur forklift.

Industri yang Cocok Menggunakan Mobile Racking<br />
Mobile racking merupakan pilihan penyimpanan barang yang mempunyai kepadatan tinggi, serta dapat diintegrasikan pada pengaturan penyimpanan gudang yang sudah ada. Jenis penyimpanan ini memungkinkan untuk mengakses barang menggunakan bantuan forklift.

Tipe yang satu ini termasuk ke dalam sistem penyimpanan dengan selektivitas tinggi. Namun akses tidak tersedia, sehingga untuk mengambil barang bisa dengan memindahkan rak terlebih dahulu.

Oleh karena itu, rak jenis ini cocok digunakan untuk gudang yang memiliki lalu lintas rendah.

Contoh penggunaan sistem mobile racking adalah banyak diterapkan dalam gudang pendingin atau cool storage karena sistem kontrolnya sudah terintegrasi.

Tips Memilih Sistem Rak untuk Ruang Penyimpanan

Sebelum menerapkan sistem rak yang tepat baik itu mobile racking atau yang lainnya, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dipertimbangkan dalam memilih sistem rak untuk ruang penyimpanan yang tepat.

1. Ruang Penyimpanan yang Tersedia

Penting sekali untuk menilai kebutuhan banyaknya ruang untuk membangun rak penyimpanan. Selain itu, pastikan juga tata letak gudang sesuai dengan rencana tersebut.

2. Jarak Bebas Vertikal

Selain menilai ruang horizontal yang ada, perhatikan juga banyaknya ruang vertikal yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan.

3. Beban

Pilih rangka dengan material yang sesuai agar dapat mampu menopang beban palet. Umumnya sistem rak terbuat dari baja namun proses pembuatannya melalui manufaktur yang berbeda.

4. Dimensi Beban Unitisasi

Sistem rak yang dibuat harus mempertimbangkan bentuk serta ukuran palet yang akan disimpan. Sehingga bisa sesuai dengan bentuk dari muatan palet.

5. Volume Keluar Masuknya Barang

Hal ini terkait dengan target dari kapasitas penyimpanan yang akan dibuat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui kecepatan penjualan dan keluaran pabrik.

Mobile racking adalah sistem penyimpanan yang cocok diterapkan dalam gudang pendingin.

Bagi yang sedang mencari gudang yang sesuai untuk diterapkan sistem penyimpanan ini, maka bisa hubungi Karawang Sentra Bizhub dan booking unit terbaiknya!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub