Tips Jitu Mengelola Stok Barang Perusahaan, Efisien dan Hemat Biaya!

Rabu, 04 Oktober 2023

Tips Jitu Mengelola Stok Barang Perusahaan, Efisien dan Hemat Biaya!
Mengelola stok barang perusahaan dengan tepat adalah salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis. Stok barang yang tidak terkendali dapat menjadi beban finansial yang bagi perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi yang tepat dalam hal ini.

Nah, untuk itu kami akan membagikan tips dan trik yang akan membantu Anda mengelola stok barang perusahaan dengan lebih baik, sehingga Anda dapat menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi operasional Anda.

4 Tips Mengelola Stok Barang Perusahaan yang Tepat


Meski terkesan sederhana, tapi mengelola barang berjumlah besar tidak termasuk pekerjaan yang mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, agar aktivitas tersebut bisa berjalan secara lebih efisien dan hemat biaya. Lantas, bagaimana tips untuk melakukannya dengan benar?

1. Menilai Stok Persediaan yang Dimiliki

Sebelum mengelola stok persediaan yang dimiliki oleh perusahaan, pastikan untuk membuat daftar inventaris stok barang terlebih dahulu. Dengan adanya daftar stok seperti ini, perusahaan bisa lebih mudah untuk menilai persediaan yang dimilikinya.

Tidak hanya itu, pekerja yang bertanggung jawab dalam mengelola stok persediaan ini juga harus memastikan bahwa penyimpanan stok sudah diatur secara efisien, dengan menggunakan beberapa rak khusus yang dibedakan menurut jenis barangnya.

2. Kontrol Stok Barang Restan

Istilah stok barang restan merujuk pada stok barang yang tidak laku atau tidak ditampilkan pada etalase toko. Biasanya, stok barang restan hanya akan disimpan di dalam gudang. Meski begitu, stok barang ini tetap harus dikontrol dengan baik, karena barang-barang tersebut masih menjadi aset perusahaan.

3. Memperkirakan Jumlah Permintaan

Tips selanjutnya dalam mengelola stok barang adalah dengan memperkirakan jumlah permintaan yang masuk. Setiap pelaku usaha dapat membuat perkiraan jumlah stok yang sesuai kebutuhan berdasarkan laporan penjualan di periode sebelumnya. Dengan melakukan hal ini, perusahaan bisa lebih mudah untuk memenuhi permintaan pasar yang tentunya mengalami naik-turun di beberapa periode.

4. Atur Tata Letak Penyimpanan Stok

Stok yang ditata dengan rapi dapat lebih mudah ditemukan dibanding stok yang ditata secara tidak teratur. Dengan begitu, hal ini juga dapat mengurangi kualitas pelayanan, karena barang yang hendak dibeli oleh konsumen akan lebih lama sampai akibat waktu mencarinya lebih panjang.

Tips jitu mengelola stok barang perusahaan yang lainnya adalah dengan memiliki gudang penyimpanan yang berkualitas. Karawang Sentra Bizhub menyediakan berbagai tipe gudang penyimpanan yang sesuai kebutuhan, sehingga Anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub