Tips Cerdas Memilih Lokasi Gudang Bahan Baku

Selasa, 03 Oktober 2023

Tips Cerdas Memilih Lokasi Gudang Bahan Baku
Menyimpan bahan baku skala besar bisnis pastinya sangat membutuhkan gudang bahan baku yang tepat. Supaya semua bahan bisa terjaga dengan baik, sampai saatnya dipakai untuk proses pembuatan produk bisnis. Lokasi gudangnya, juga perlu diperhatikan jangan sampai salah pilih.

Dari berbagai jenis gudang yang dibutuhkan sebuah industri, untuk bahan baku memang memiliki kriteria khusus. Oleh karena itu, Anda perlu memilih dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

Strategi Memilih Lokasi Gudang Bahan Baku


Pemilihan lokasi gudang yang tepat, akan sangat diperlukan baik untuk membangun sendiri ataupun saat Anda memutuskan untuk menyewa gudang saja. Coba cek lima tips berikut ini, agar gudang yang dimiliki dapat memenuhi standar lokasi terbaik penyimpanan bahan baku produk bisnis Anda.

• Lokasi Strategis

Gudang yang akan di bangun atau disewa sebaiknya berada di lokasi yang strategis. Perhatikan akses kendaraan yang dapat masuk ke area gudang, bisa untuk kendaraan ukuran besar maupun kecil.

Kemudian kondisi tanah di area gudang tidak akan mengganggu mobilitas kendaraan keluar masuk.

• Keamanan Terjamin

Anda juga harus memastikan keamanan lingkungan sekitar gudang tersebut, apakah rawan kriminalitas atau pencurian atau memang benar-benar aman. Bisa dilihat dan di cek melalui informasi masyarakat setempat.

Kemudian aman pula dari berbagai masalah lain, misalnya tidak rawan bencana seperti banjir dan longsor karena pastinya akan berhubungan dengan kualitas bahan baku dan kerusakan yang berimbas pada pengeluaran tambahan.

• Kalkulasikan Biaya Operasional

Hitung juga berapa biaya operasional yang dibutuhkan pada lokasi gudang pilihan Anda. Apakah masih bisa diakomodir menggunakan dana yang tersedia atau tidak. Biaya ini akan berhubungan dengan luas gudang hingga siapa saja yang akan bekerja disana.

• Jika Sewa, Pastikan Fasilitasnya

Kalau Anda memilih sistem sewa gudang bahan baku, maka perlu dipastikan apa saja fasilitas yang bisa dimanfaatkan di lokasi gudang tersebut. Misalnya, fasilitas listrik dan air tersedia atau fasilitas ruang-ruang yang bisa dipakai di lokasi tersebut sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

• Dekat dengan Lokasi Pabrik dan Kantor Utama

Sebaiknya memilih lokasi gudang yang tidak terlalu jauh dari pabrik dan kantor utama, memudahkan mobilisasi dan pengecekan berkala dari tim manajemen kantor. Kalaupun tidak memungkinkan jarak dekat, namun lokasinya tidak sulit untuk dikunjungi.

Pemilihan gudang bahan baku memang harus sangat teliti, supaya tidak terjadi kerusakan atau pencurian bahan yang akan berimbas pada kerugian perusahaan. Jika Anda memilih sewa, cek daftar gudang di Karawang Sentra Bizhub dan dapatkan gudang dengan spesifikasi terbaik!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub