Keuntungan Pemanfaatan Gudang Terpusat vs Pemanfaatan Multi Gudang

Rabu, 17 Maret 2021

Keuntungan Pemanfaatan Gudang Terpusat vs Pemanfaatan Multi Gudang
Sebuah perusahaan tentu saja memiliki beberapa barang atau produk dalam jumlah yang banyak. Untuk dapat menyimpan barang dalam jumlah yang banyak tersebut perusahaan membutuhkan gudang sebagai tempat penyimpanannya. Seperti yang kita tahu jika gudang merupakan tempat untuk menyimpan barang agar dapat tersimpan dengan baik dan rapi. Dengan demikian, semua produk ataupun barang akan terjaga kualitasnya.

Gudang dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk sebuah perusahaan barang. Keuntungan dari mempunyai gudang dapat diperoleh mulai dari membantu proses produksi barang, kemudian memaksimalkan kualitas dari barang sampai dengan mendukung permintaan pelanggan agar lebih efektif dan cepat.

Suatu perusahaan secara umum dapat menggunakan dua jenis gudang, yaitu gudang terpusat atau multi gudang. Masing-masing mempunyai keuntungan yang juga memberikan dampak tertentu untuk setiap perusahaan. Perbedaan yang utama ada di lokasi gudang. Gudang terpusat adalah jenis gudang yang letaknya ada di satu tempat. Sedangkan, multi gudang tersebar di banyak tempat.penggunaan dari gudang juga harus disesuaikan dengan jenis dari barang yang sudah diproduksi. Lokasi dan kuantitas juga dapat menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan di dalam memilih jenis gudang.

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari menggunakan kedua jenis gudang tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Gudang Terpusat

Gudang terpusat ini mempunyai keunggulan pada pengeluaran biaya gudang yang cenderung lebih murah. Bahkan, tidak membutuhkan banyak pegawai untuk dapat mengontrol serta mengelola gudang. Biaya yang dibutuhkan untuk sumber daya manusia juga dapat diminimalisir. Membeli gudang nantinya hanya membutuhkan biaya yang dikeluarkan satu kali saja. Selain itu, menggunakan gudang terpusat dapat mempermudah Anda dapat proses distribusi barang akan lebih mudah diatur karena hanya terletak pada satu tempat saja.

Multi Gudang

Tidak kalah dengan gudang terpusat, multi gudang juga dapat Anda jadikan sebagai pilihan terbaik untuk sebuah perusahaan. Salah satu keuntungan terbaiknya dari mempunyai multi gudang ini adalah semua jenis kerusakan ataupun resiko buruk yang dapat terjadi pada beberapa barang lebih mudah diatasi dan dapat dicegah.

Misalnya pada saat terjadi bencana alam dalam satu lokasi gudang, perusahaan tidak perlu khawatir. Hal tersebut karena masih mempunyai lokasi gudang yang ada di wilayah lain yang tidak terjadi bencana alam. Proses dari pengiriman dan akses secara lebih cepat dapat dirasakan oleh konsumen maupun pelanggan. Hal tersebut karena jumlah gudang yang tersebar pada berbagai wilayah serta tidak terpusat hanya dalam satu lokasi saja. Pilihan dari jenis gudang mana yang akan digunakan perusahaan tentu saja harus dapat dipertimbangkan secara maksimal dan matang. Ada berbagai macam potensi kerugian dan harus melihatnya secara detail mengingat penggunaan dari gudang tersebut tentu saja akan mempengaruhi produksi barang untuk semua konsumen.

Anda dapat mencoba untuk menyesuaikannya dengan target, lokasi, pelanggan serta jumlah produk yang dimiliki oleh perusahaan. Pemilihan dari jenis gudang tersebut juga sebaiknya dilakukan dengan semua divisi perusahaan dan juga tidak dipilih secara asal-asalan. Dengan demikian, tentu saja perusahaan Anda akan berjalan dengan lancar dan maksimal.

Sebenarnya untuk memilih jenis gudang itu sendiri tergantung dari masing-masing perusahaan dan kebutuhan. Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih sebaiknya Anda selaku pemilik perusahaan berkoordinasi terlebih dulu dengan semua divisi agar hasilnya juga lebih maksimal dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub