Jenis jenis Gudang dan Fungsinya, Businessman Wajib Tahu!

Jumat, 02 Desember 2022

Jenis jenis Gudang dan Fungsinya, Businessman Wajib Tahu!
Perlu diketahui, gudang dibedakan menjadi beberapa macam menurut fungsinya. Jenis jenis gudang ini hadir untuk memaksimalkan fungsi gudang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Gudang penyimpanan harus dipilih dengan cermat agar proses pengelolaan barang dapat berjalan efektif.

Gudang sendiri merupakan salah satu elemen penting bagi industri. Mengapa? Karena fungsi gudang adalah sebagai tempat penyimpanan produk, baik bahan baku, setengah jadi, ataupun barang jadi.

Maka dari itu, yuk kenali 7 jenis gudang berikut ini agar tidak salah pilih!

Jenis jenis Gudang dan Fungsinya

Berikut adalah tujuh jenis gudang dan fungsinya yang harus Anda ketahui sebelum memilih gudang untuk barang jualan. Apa saja?

1. Gudang Penyimpanan Bahan Baku

Jenis warehouse yang pertama ini memang dimanfaatkan untuk menyimpan bahan baku produksi. Adapun bahan baku yang disimpan diantaranya adalah plastik, pasir, beton, logam, kakao, dan sebagainya.

Letak dari gudang ini biasanya dekat dengan pusat tempat produksi. Bentuk gudangnya juga disesuaikan dengan jenis bahan baku yang akan ditampung, seperti bentuk tangki, bangunan atau bahkan lahan terbuka.

2. Gudang Penyimpanan Barang

Gudang penyimpanan barang atau bahan setengah jadi ini biasanya dimanfaatkan sebagai tempat produk yang masih dalam proses manufaktur. Barang yang akan diolah masih harus menunggu tahap produksi selanjutnya, jadi harus disimpan terlebih dahulu.

3. Gudang Penyimpanan Hasil Produksi

Barang jadi yang sekiranya sudah siap dijual atau didistribusikan ke pelanggan umumnya akan disimpan di gudang penyimpanan hasil produksi ini.

Kalau ingin menggunakannya, Anda bisa memilih gudang pribadi ataupun sewa yang dibayarkan setiap minggu atau setiap bulan, sesuai dengan kebutuhan saja.

4. Gudang Pusat Konsolidasi dan Transit

Jenis jenis gudang yang satu ini biasa dipakai untuk menerima produk dari berbagai distributor sebelum pada akhirnya dilakukan proses penggabungan atau konsolidasi untuk dikirim ke konsumen.

5. Gudang Pusat Transhipment

Gudang pusat transhipment ini merupakan jenis gudang yang dimanfaatkan sebagai lokasi penyimpanan barang dalam jumlah banyak. Dimana produk-produk tersebut nantinya akan dibagi menjadi beberapa bagian kecil yang kemudian akan dikirim ke berbagai tujuan.

6. Gudang Cross Docking

Biasanya jenis gudang cross docking dipakai oleh jenis usaha yang bergerak di bidang jasa ekspedisi. Fungsinya adalah sebagai lokasi pemindahan barang dari satu truk ke truk lainnya.

Kalau Anda ingin menyewa gudang jenis ini, Anda tak perlu khawatir akan besar biaya yang harus dikeluarkan. Pasalnya, gudang penyimpanan ini terbilang murah sebab pemakaiannya dalam jangka waktu yang relatif singkat saja.

7. Gudang Pusat Sortir

Jenis gudang yang terakhir biasanya dipakai oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman surat dan parcel. Dimana pada awalnya semua barang akan dikumpulkan menjadi satu, kemudian disortir berdasarkan zona ataupun kode pos dan selanjutnya akan dikirimkan sesuai alamat yang tertera.

Jadi, itulah jenis jenis gudang yang patut Anda pahami sebelum membeli atau menyewa gudang penyimpanan. Selain memperhatikan jenis gudang, Anda juga harus tahu apa saja faktor yang perlu diperhatikan saat mencari tempat penyimpanan produk untuk kebutuhan bisnis.

Untuk itu, Anda bisa baca artikel selanjutnya di sini mengenai tips and trick mencari gudang yang cocok bagi usaha yang sedang dijalankan.

Selamat membaca dan nantikan artikel menarik lainnya hanya di Karawang Sentra Bizhub!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub