Jangan Panik! Ini Tips Jitu Pengendalian Hama di Gudang!

Jumat, 02 Agustus 2024

Jangan Panik! Ini Tips Jitu Pengendalian Hama di Gudang!
Gudang memiliki peranan paling penting dalam proses penyimpanan dan distribusi. Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu pengendalian hama gudang yang bisa berdampak buruk terhadap produk atau stok barang yang disimpan.

Keberadaan hama dalam gudang bisa mengakibatkan kerusakan, gangguan operasi, hingga dampak terhadap bahaya kesehatan. Strategi yang bisa dilakukan agar lingkungan gudang bisa bebas dari hama bisa Anda simak pada penjelasan di bawah ini!

Tips Melakukan Pengendalian Hama di Gudang

Mengendalikan serangan hama yang menjadi ancaman di gudang merupakan hal yang sangat penting. Karena serangan ini bisa menimbulkan banyak risiko seperti keamanan produk, infrastruktur kesehatan karyawan dan yang lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pengendalian hama gudang:

1. Melakukan Inspeksi Reguler

Lakukan pemeriksaan fasilitas di gudang secara rutin terutama pada bagian saluran air dan sistem perpipaan.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mencari adanya tanda-tanda aktivitas hama, titik masuk potensial hama serta area yang memungkinkan menjadi tempat berlindungnya hama.

2. Pemeliharaan Fasilitas

Apabila ditemukan adanya kerusakan struktural pada fasilitas yang ada, maka segera lakukan perbaikan. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu titik masuk yang sangat bagi bagi hama.

Baca juga: Ketahui Potensi Bahaya di Gudang dan Cara Pencegahannya

3. Menerapkan Praktik Sanitasi yang Benar

Memastikan gudang dan fasilitas di dalamnya agar tetap bersih dan bebas dari kotoran dengan segera membersihkan tumpahan, membuang sisa air, membuang sampah dengan benar serta mengeringkan area yang basah, dapat menghilangkan potensi tempat dan sumber makanan bagi hama gudang.

4. Membekali Pengetahuan Mengenai Hama Gudang Bagi Karyawan

Penerapan praktik sanitasi yang baik dan benar tidak akan dapat terlaksana apabila karyawan tidak paham mengenai pengendalian serangan hama gudang.

Baca juga: Terapkan Hal Ini untuk Mencegah Kebakaran Gudang Anda!

Berikan pelatihan bagaimana cara untuk mengidentifikasi adanya tanda-tanda aktivitas hama serta cara yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

5. Produk dan Metode Pengendalian Hama

Jika ditemukan hama dalam gudang maka perhatikan penggunaan produk kontrol yang akan digunakan. Pastikan bahwa sudah sesuai dengan petunjuk label serta telah terdaftar pada badan pengawas terkait.

Selain itu, metode pengendalian hama juga harus tepat salah satunya yaitu bisa dengan menggunakan metode fumigasi, yang dianggap sebagai metode pengendalian hama yang paling efektif dan efisien.

Memahami bagaimana cara pengendalian hama gudang merupakan hal yang penting. Untuk itu, pastikan untuk memilih gudang penyimpanan yang memiliki fasilitas terbaik serta memiliki sistem sanitasi yang baik seperti di Karawang Sentra Bizhub!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub