Cross-Docking, Solusi Cerdas Pengelolaan Persediaan

Jumat, 26 April 2024

Cross-Docking, Solusi Cerdas Pengelolaan Persediaan
Pengelolaan stok yang baik dapat mencegah penumpukan barang terlalu lama dan mengoptimalkan arus barang. Oleh karena itu, pengusaha harus menerapkan beberapa strategi logistik yang efektif dan efisien. Salah satunya adalah cross-docking.

Taktikini dikenal juga dengan nama gudang transit. Penerapan teknik gudang transit telah terbukti dapat memberi banyak manfaat bagi perusahaan. Jadi, strategi tersebut tidak hanya membuat arus barang semakin lancar.

Pengertian dan Jenis-Jenis Cross Docking

Gudang transit adalah pemindahan barang dari kendaraan yang masuk langsung ke kendaraan keluar. Selama proses pemindahan ini, barang tetap melewati gudang, tapi hanya untuk disortir sesuai tujuan pengiriman.

Proses penyortiran barang ini hanya berlangsung selama beberapa jam saja. Oleh karena itu, gudang yang dipakai untuk menyortir dinamai gudang transit. Lokasi gudang transit biasanya berada di antara dua kota, di Pelabuhan, dan tempat strategis lainnya.

Perusahaan yang banyak menggunakan strategi ini adalah perusahaan di sektor ritel, manufaktur, pengangkut barang, dan e-niaga. Cross-docking ada banyak jenisnya. Tiga di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Gudang Transit Transportasi

Dalam teknik ini, kendaraan datang berupa kendaraan-kendaraan kecil.

Baca juga: Cara Praktis Mengelola Stok Gudang, Baca dan Terapkan Sekarang!

Barang dari kendaraan itu digabungkan dengan barang lain dan dimuat di kendaraan yang lebih besar. Sehingga, pengiriman barang menjadi lebih efisien.

2. Gudang Transit Distributor

Pada gudang transit distributor, kendaraan pengangkut dari berbagai supplier menurunkan muatannya. Selanjutnya, muatan ini akan digabungkan menjadi satu di satu kendaraan lain untuk dikirim ke pelanggan.

3. Gudang Transit Ritell

Jenis gudang transit ritel hampir sama seperti gudang transit distributor. Namun, berbagai barang yang telah disatukan dalam satu kendaraan kemudian dikirim ke toko ritel.

Manfaat Menggunakan Cross Docking dalam Pengelolaan Persediaan

Penggunaan gudang transit dapat memberi banyak manfaat pada bisnis. Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
  • Rantai pasokan barang berjalan dengan lancar dan lebih cepat karena barang tidak menumpuk lama di gudang.
  • Biaya pengelolaan penyimpanan barang lebih rendah.
  • Tidak membutuhkan biaya perawatan barang selama di gudang.
  • Risiko barang rusak dapat ditekan karena barang tidak disimpan di gudang dalam waktu lama.
  • Tidak memerlukan gudang berukuran besar.
  • Cocok untuk pengiriman barang yang cepat basi, misalnya makanan dan minuman.
  • Pengendalian inventaris yang lebih optimal.
  • Mengurangi penggunaan tenaga kerja gudang

Jika Anda tertarik untuk memiliki gudang transit atau cross-docking, Anda sebaiknya mempertimbangkan Karawang sebagai lokasinya.

Di kota ini, Anda dapat sewa gudang terbaik di Karawang Sentra Bizhub. Gudang-gudang dari KSB hanya berjarak 5 Km kilometer dari exit toll. Selain itu, gudang terpadu ini memiliki akses jalan yang lebar hingga mempermudah proses distribusi.

Hubungi kami sekarang dan konsultasikan kebutuhan gudang pada ahlinya!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub