Apa Itu Just in Time Inventory? Yuk Simak Pembahasannya!

Rabu, 17 Juli 2024

Apa Itu Just in Time Inventory? Yuk Simak Pembahasannya!
Pengelolaan inventory yang buruk bisa menjadi penyebab bisnis menjadi terhambat. Kehabisan stok atau over stocking sebagai antisipasi adanya permintaan pelanggan merupakan salah satu contohnya. Maka dari itu, just in time inventory adalah pilihan yang tepat untuk mengatasinya.

Melalui penerapan metode ini, maka penggunaan gudang bisa ditekan seminimal mungkin sehingga bisa menghemat biaya inventory. Dengan demikian, bisa memangkas biaya produksi dan meningkatkan angka penjualan perusahaan.

Apa Itu Just in Time Inventory?

Pengertian dari just in time inventory adalah metode yang dilakukan dalam pengelolaan persediaan, dimana barang yang diterima dari pemasok hanya sesuai dengan yang diperlukan saja.

Karena tujuan utama dari penerapan metode ini yaitu mengurangi biaya gudang atau penyimpanan bahan baku. Hingga pada akhirnya, perputaran persediaan barang juga akan meningkat. Hal ini juga bisa memastikan bahwa permintaan saat ini dapat dipenuhi dengan memenuhi kebutuhan yang tepat. Jadi pihak produsen tidak harus melakukan persediaan barang terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Tingkatkan Akurasi Stok Gudang Anda!

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1981-2000 di Amerika menemukan bahwa sebuah perusahaan atau organisasi yang memiliki persediaan stok di gudang lebih sedikit menunjukkan bahwa mereka lebih mahir, jika dibandingkan dengan yang memiliki stok lebih banyak.

Dari sinilah yang mendorong gagasan mengenai just in time inventory. Menyimpan persediaan dalam jumlah yang sedang bisa memangkas biaya penyimpanan yang tidak penting serta menjaga biaya pengaturan agar tetap berada di batas minimum.

Hal ini juga bisa menghilangkan waktu tunggu persediaan yang tidak diinginkan. Karena barang yang dikirimkan hanya sesuai dengan permintaan dari pelanggan.

Cara Kerja Just in Time Inventory

Agar lebih memahami metode just in time inventory ini, berikut ini merupakan penjelasan mengenai cara kerjanya.

Jadi pertama, pelanggan akan memesan barang kepada produsen. Kemudian produsen akan menerima pesanan tersebut lalu memesan bahan baku kepada pemasok.

Baca juga: 10 Tips Efektif Mengelola Gudang Barang Anda Secara Efisien

Selanjutnya pemasok akan menerima pesanan lalu memasok bahan-bahan yang dibutuhkan oleh produsen, agar bisa melangsungkan proses produksi untuk memenuhi pesanan dari pelanggan.

Bahan mentah tersebut akan diterima produsen, lalu kegiatan produksi akan berlangsung. Setelah produk pesanan jadi, produsen akan menjualnya kepada pelanggan.

Just in time inventory adalah solusi dalam bisnis untuk menekan biaya produksi. Namun, penerapan JIT memerlukan lokasi bisnis strategis. Dalam hal ini, Karawang Sentra Bizhub bisa menjadi pilihan tepat!

Terletak di kawasan industri yang berkembang pesat, Karawang Sentra Bizhub menawarkan fasilitas lengkap dan akses mudah ke berbagai jalur transportasi.

Hubungi KSB untuk informasi lebih lanjut dan temukan solusi terbaik bagi kebutuhan bisnis Anda!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub