Apa Itu Gudang Barang Jadi dan Fungsinya bagi Industri?

Senin, 13 November 2023

Apa Itu Gudang Barang Jadi dan Fungsinya bagi Industri?
Untuk mendukung kegiatan produksi, pemilik bisnis biasanya menyewa atau membangun sebuah gudang. Tak hanya satu, ada beberapa jenis warehouse yang digunakan seperti gudang bahan baku dan gudang barang jadi.

Seperti namanya, gudang bahan baku adalah tempat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan bahan mentah yang akan digunakan. Gudang bahan baku juga penting dalam mengelola stok dan menjaga agar produksi berjalan lancar.

Nah, lantas bagaimana dengan warehouse barang jadi? Apa fungsi dalam industri dan pentingnya bagi proses bisnis? Tak perlu bingung, berikut kami berikan penjelasan lengkapnya. Yuk, simak hingga akhir ya!

Pengertian Gudang Barang Jadi


Perlu diketahui bahwa jenis gudang ini adalah sebuah tempat penyimpanan atau biasa juga disebut warehouse untuk meletakkan barang siap jual. Bisa juga untuk barang hasil produksi yang akan didistribusikan kepada para konsumen.

Bentuk, ukuran, dan bagian-bagiannya akan berbeda dengan jenis gudang lain seperti gudang bahan baku atau gudang barang setengah jadi. Satu hal yang pasti adalah, ukurannya lebih luas untuk mempermudah mobilitas barang dari gudang ke alat transportasi sebelum diantar kepada pelanggan.

Fungsi Gudang Barang Jadi di Dunia Industri


Kalau berbicara soal fungsi dari gudang tersebut terutama bagi pelaku bisnis dan industri bidang apapun, setidaknya ada empat fungsi utamanya yaitu:
  • Tempat Penyimpanan Barang Hasil Produksi
    Setelah barang diproduksi dan siap dijual, tentunya butuh tempat penyimpanan sementara sebelum diberangkatkan melalui armada yang sudah dipersiapkan. Dengan adanya gudang ini, maka barang akan lebih tertata rapi dan tidak mengalami kerusakan dibandingkan jika terletak di lokasi tidak jelas.
     
  • Memastikan Kualitas Barang Terjaga
    Dengan spesifikasi gudang yang tepat, kualitas barang akan terjaga dengan baik sebelum sampai di tangan pelanggan.
     
  • Mempermudah Inventaris Barang Industri
    Di dalam gudang ini juga dapat dilakukan inventarisasi barang hasil produksi yang masuk, baik itu jumlah maupun volume, dan lainnya. Sekaligus menjadi lokasi untuk menyaring barang yang tidak layak jual, agar tidak sampai jatuh ke tangan konsumen.
     
  • Memaksimalkan Keamanan Barang
    Keamanan barang juga terjaga kalau disimpan di gudang khusus, tinggal memaksimalkan keamanan berupa kunci dan posisi barang, dilengkapi juga dengan penjaga yang akan standby di area gudang.
Bagi Anda yang butuh gudang barang jadi untuk kebutuhan industri, bisa melakukan sistem sewa melalui Karawang Sentra Bizhub. Lokasinya strategis dan pastinya bisa menjalankan semua fungsi terbaiknya.

Hubungi kami sekarang dan dapatkan gudang kualitas tinggi dengan harga termurah!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub