5 Fungsi Penting Warehouse Management System

Senin, 02 Oktober 2023

5 Fungsi Penting Warehouse Management System
Bukan sekedar software biasa, fungsi Warehouse Management System (WMS) ternyata sangat penting untuk keberlanjutan sebuah bisnis di bidang industri apa saja. Bagi Anda yang ingin punya bisnis jangka panjang, wajib tahu!

WMS sendiri sudah dikenal sejak beberapa tahun belakangan, sudah banyak industri yang menggunakannya dan ternyata berhasil memberikan dampak positif signifikan untuk bisnis mereka. Apakah Anda juga mau pakai?

Fungsi Warehouse Management System


Berbicara soal fungsi dari WMS, memang penting untuk diketahui sebelum Anda menerapkannya pada sistem pergudangan bisnis. Berikut ini penjelasannya.

1. Memudahkan Mencatat Stok Barang

Dengan fitur yang lengkap, Warehouse Management System mampu memudahkan Anda untuk melakukan pencatatan barang yang ada di dalam gudang. Mulai dari jenis, spesifikasi, hingga jumlah yang masuk berdasarkan berbagai kategori.

Begitu juga dengan stok barang keluar dan stok lainnya, sehingga akan menjadi data akurat untuk digunakan sebagai acuan ketersediaan barang

2. Mengetahui Kondisi Barang

Kondisi setiap barang yang ada di gudang akan lebih teridentifikasi, cukup dengan menggunakan fitur yang sesuai. Asalkan Anda memasukkan data akurat secara rutin, supaya informasi kondisi barang ini selalu realtime dan bisa diandalkan.

3. Kontrol Alur Barang

Pengontrolan alur barang masuk dan keluar menjadi lebih mudah dilakukan juga menjadi salah satu fungsi Warehouse Management System. Sebagai contoh, ketika ada barang akan dipindahkan dari gudang barang jadi ke distributor, maka bisa ditentukan barang mana yang harus keluar dulu beserta jumlahnya.

4. Akurasi Pelacakan Stok

Apakah ada stok barang yang tidak teridentifikasi? Tersedia juga fitur untuk membantu melacak posisi dan kondisi stok.

Begitu juga ketika WMS dipakai dalam proses pelacakan pengiriman barang, Anda dimudahkan untuk melacak posisi terkini barang bahkan fitur ini akan sangat membantu pelanggan melakukan pelacakan barang yang mereka order di perusahaan Anda.

5. Media Layout Gudang

Ketika memiliki gudang skala besar, yang isinya berbagai jenis barang maka butuh penataan dengan layout yang tepat. WMS akan membantu membuatkannya melalui sistem digital, sehingga Anda tinggal mengimplementasikannya dan melakukan pemantauan digital dengan mudah.

Lima fungsi Warehouse Management System di atas akan sangat dirasakan jika didukung dengan gudang berkualitas tinggi seperti KSB. Bagi Anda yang belum tahu, KSB adalah cluster industri dan layanan gudang terpadu terbaik di seluruh kawasan Karawang Barat.

Dengan akses jalan yang lebar dan letaknya yang strategis, tak heran gudang ini menjadi favorit para pengusaha di luar sana. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang untuk dapatkan gudang berkualitas tinggi!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub