11 Istilah dalam Logistik Terpopuler yang Wajib Anda Ketahui!

Jumat, 06 Oktober 2023

11 Istilah dalam Logistik Terpopuler yang Wajib Anda Ketahui!
Ada beberapa istilah dalam logistik yang tidak hanya harus diketahui oleh pelaku usaha saja, tapi juga orang awam sekalipun. Pasalnya logistik merupakan aktivitas yang akrab dengan kehidupan sehari-hari yakni berkaitan erat dengan pemindahan barang, energi atau jasa.

Untuk itu, mari kita mengenalinya satu per satu. Dari "Consignee" hingga "Stuffing", artikel ini akan mengupas istilah terpenting dalam logistik yang harus Anda kenali. Tak perlu berlama-lama, langsung saja simak penjelasan lengkapnya!

Istilah dalam Logistik yang Sering Dipakai


Tidak hanya melibatkan proses pemindahan suatu sumber daya tertentu saja, tapi logistik juga mencakup aktivitas perencanaan, pengawasan, penyimpanan, dan pemeliharaan dari sumber daya tersebut. Lantas, apa saja istilah-istilah yang sering dipakai dalam aktivitas ini? Berikut jawabannya:

1. Bill of Lading

Istilah ini merujuk pada surat tanda terima produk yang dikirim dan telah muat dalam kapal. Jadi, bisa dibilang bill of lading merupakan bukti kepemilikan barang serta bukti atas perjanjian pengangkutan barang yang dilakukan melalui jalur laut.

2. Air Way Bill

Jika bill of lading merupakan bukti pengangkutan barang melalui jalur laut, untuk air way bill dapat diartikan sebagai surat tanda terima pengiriman barang yang dilakukan dengan menggunakan jalur udara. Surat tanda terima ini telah diatur dalam Undang-Undang.

3. Closing Time

Sebutan ini dapat diartikan sebagai tenggat waktu normal untuk barang yang akan masuk ke tempat penimbunan sementara. Jadi, jika pihak logistik tetap memaksakan diri untuk masuk ke tempat penimbunan tersebut saat waktu sudah berakhir, mereka bisa terkena denda.

4. Consignee

Consignee juga sering disebut dengan nama importir. Maka dari itu, pihak pengirim harus menuliskan identitasnya secara lengkap, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat merugikan.

5. Certificate of Origin

Istilah ini sering disebut sebagai sertifikasi asal barang yang di dalamnya menyatakan bahwa barang ekspor tersebut benar-benar berasal dari daerah di mana pihak pengekspor berada. Biasanya, orang-orang menyebut istilah ini sebagai Surat Keterangan Asal (SKA).

6. Commercial Invoice

Di dalam daftar rincian ini akan ada informasi lengkap yang meliputi nama shipper, consignee, notify party, dan lain sebagainya. Jadi, bisa dibilang perannya sangat penting.

7. Packing List

Packing list biasanya berisi tentang informasi lengkap terkait nama shipper, penerima, jenis barang yang dikirim, dan data-data lain yang juga dibutuhkan dalam proses pengiriman barang.

8. Delivery Order

Tidak hanya sering dipakai dalam dunia logistik, tapi istilah ini juga sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Arti sebenarnya dari istilah ini adalah tanda bukti pengambilan barang yang diberikan oleh pihak pengirim.

9. Shipping Schedule

Jadwal pengiriman yang diberikan dari pihak pengirim sering disebut dengan nama shipping schedule. Selain itu, ada banyak logistik juga yang menyebutnya sebagai jadwal pengapalan.

10. Door

Istilah door dalam dunia logistik tidak diartikan sebagai pintu, tapi alamat asal gudang dan alamat pengambilan barang yang harus dikirim.

11. Stuffing

Pada saat proses pengiriman barang dilakukan, di dalamnya pasti akan ada aktivitas penyusunan barang ke dalam kontainer tertentu. Dalam hal ini, aktivitas tersebut merujuk pada salah satu istilah dalam logistik yakni stuffing.

Bagi para pelaku usaha logistik yang sedang mencari gudang untuk menyimpan barang-barang yang hendak dikirimnya, mereka bisa memanfaatkan ruang bisnis ideal yang ditawarkan oleh Karawang Sentra Bizhub.

Kami siap memenuhi kebutuhan Anda guna menghadapi persaingan bisnis!

« BACK
Phone Dinamika Realty WhatsApp Karawang Sentra Bizhub